Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), memberikan penghargaan kepada sejumlah tenaga kesehatan dan nontenaga kesehatan atas peran aktif dalam penanganan COVID-19 dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021.

"Momentum peringatan Hari Kesehatan Nasionalmerupakan wujud capaian atas penanganan COVID-19 di Kendari, sehingga kita memberikan apresiasi kepada para nakes dan nonnakes yang telah aktif berjibaku dalam hal penanganan COVID di daerah ini," kata Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir, saat memberikan sambutan peringatan Hari Kesehatan Nasional di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan, selain sukses menekan angka kasus terpapar COVID hingga Kendari masuk pada level I atau zona hijau dari paparan COVID di seluruh kelurahan, capaian program vaksinasi di Kendari juga menembus angka 64 persen.

"Ini terbukti dengan angka capaian yang kita wujudkan kurang lebih sebulan kita bisa bernafas lega, akibat pandemi COVID-19 yang cukup terkendali dan itu membuktikan memberikan hasil,” katanya.

Wali Kota Kendari pada momen itu menyebutkan sejumlah kesuksesan yang telah diraih oleh pemerintah kota di tengah pandemi COVID-19.

"Indeks pembangunan manusia berada di level 5 nasional, kita patut berbangga, dan membanggakan diri atas kinerja kita. Saat ini angka stunting kita 5,6 persen berada pada angka di bawah minimal nasional,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kendari, drg Rahminingrum, mengatakan pada momentum itu dirinya mengungkapkan terima kasih kepada para tenaga kesehatan ataupun nontenaga kesehatan, atas kegigihan dalam melaksanakan tugas di masa pandemi COVID-19.

"Kami juga memberikan penghargaan kepada nakes teladan dan non-nakes teladan termasuk penghargaan puskesmas terbaik dalam penanganan kasus COVID-19," katanya.

Pihaknya berharap nakes teladan itu dapat menjadi betul-betul nakes teladan untuk masyarakat dan berperan aktif dalam penanganan COVID-19.

Sedangkan masyarakat diimbay tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Terlebih dalam waktu dekat, jelang Tahun Baru dan perayaan Natal.

Peringatan HKN ke-57 yang bertemakan ‘Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku’ itu juga ditandai dengan peluncuran Senam Perenggangan Molulo versi dua oleh Wali Kota Kendari.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) itu diawali dengan melaksanakan senam jantung sehat di halaman kantor Dinas Kesehatan Kota Kendari (Dinkes) yang diikuti oleh Wali Kota Kendari, Ketua Tim Penggerak PKK beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kota Kendari.

Baca juga: Sulawesi Tenggara anggarkan Rp6,6 miliar bagi peraih medali PON XX Papua
Baca juga: Freeport beri bonus Rp1 miliar tim sepak bola tuan rumah
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024