Kendari (ANTARA) - Bandar Udara (Bandara) Sugimanuru Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra),  melayani rapid antigen bagi para penumpang yang akan bepergian dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp120 ribu sekali pemeriksaan.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Sugimanuru , Muhammad Khusnudin melalui pesan WhatsApp yang diterima, Senin mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi setiap calon penumpang  adalah syarat penerbangan dengan memperlihatkan kartu vaksinasi di aplikasi Pedulindungi.

"Jadi calon penumpang, tidak perlu repot mencari tempat yang melayani rapid antigen. Hasilnya bisa langsung dicek di aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Ia mengatakan, bandara Sugimanuru memang sempat menutup seluruh operasi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau kurang lebih empat bulan. Baru pada 9 Oktober 2021, kembali melayani penerbangan dengan rute Makassar – Muna dan sebaliknya.

Khusnudin menyebut, jenis pesawat ATR/72-600 beroperasi setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. UPG – RAQ dengan waktu keberangkatan 13.20 WITA, dan tiba 14.15 WITA. Sedangkan RAQ – UPG dengan waktu keberangkatan 14.40 WITA, dan tiba 15.15 WITA. 

Syarat penerbangan di Bandara Sugimanuru adalah kartu vaksinasi dosis pertama reverse-transcriptase polymerase chain reaction (RT-PCR) 2 X 24 jam. Sementara kartu vaksinasi dosis satu dan dua syaratnya reverse-transcriptase antigen negatif 1 X 24 jam.

"Demi keamanan dan kesehatan dalam penerbangan, maka syarat yang diminta tersebut harus terpenuhi semua," tuturnya.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024