Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari mendapat mendapatkan penghargaan dari Menteri keuangan RI atas pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) selama lima kali berturut-turut.

Penyerahan penghargaan yang terdiri dari Piagam WTP dan Plakat dari Menteri Keuangan Tersebut tersebut dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Sultra, Arif Wibawa yang diterima langsung oleh Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir,  di Media Center Rumah Jabatan Wali Kota Kendari, Kamis.

Kepala Kanwil DJPb Sultra, Arif Wibawa, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Kendari telah berhasil memperoleh opini WTP atas LKPD Tahun 2020 atau telah 5 kali berturut-turut jika dilihat pada tahun-tahun sebelumnya.

"Sehingga dalam hal ini, Menteri Keuangan atas nama Pemerintah RI memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih," kata Arif Wibawa.

Ia berharap, capaian tersebut perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan karena merupakan indikator bagi tata kelola yang baik pada pemerintah daerah.

"Tidak hanya di dalam mengelola keuangan negara namun juga di dalam menjalankan fungsi dan tugas tanggung jawab pemerintahan," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengaku peraihan WTP selama 5 kali berturut-turut tak lepas dari sinergitas antara Pemkot Kendari dengan Kanwil DJPb Prov Sultra, serta semangat dari seluruh jajaran Pemkot Kendari.
 
"Selain itu, Pemkot Kendari selalu menyambut baik arahan dari BPK Provinsi terkait keuangan Kota Kendari, apalagi di masa pandemi COVID-19 yang saat ini sedang terjadi mengharuskan pemerintah harus melakukan refocusing anggaran," katanya.

Sulkarnain berharap, ke depan agar selalu didampingi oleh pihak Kanwil DJPb Prov Sultra dan memberikan arahan agar pengelolaan keuangan di Kota Kendari tetap sesuai prosedur dan terkelola dengan baik. 

Saat menerima penghargaan dari Menteri Keuangan tersebut, Wali Kota Kendari didampingi Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar, Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, Kepala BKAD Kota Kendari dan Kepala Bappeda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024