Kendari (ANTARA) - Lintas sektor jasa keuangan di Sulawesi Tenggara mulai dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) setempat ikut melaksanakan vaksinasi guna membantu pemerintah dalam wujud pemulihan ekonomi nasional.

Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya di Kendari, Senin, mengtakan pemberian vaksin memiliki manfaat selain agar Indonesia segera bebas dari COVID-19, juga sebagai wujud percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Sebab dengan bebas COVID-19, ekonomi akan pulih dan masyarakat bisa beraktifitas seperti semula," katanya.

Ia juga menuturkan, vaksinasi yang dilaksanakan pihaknya dengan menggandeng Dinas Kesehatan setempat sebagai salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mempercepat penyaluran vaksin kepada masyarakat khususnya wilayah Sultra.

Arjaya optimis, dengan pelaksanaan vaksinasi dapat mendukung upaya pemerintah dalam mencapai herd immunity di Indonesia dan memberikan kepercayaan diri kepada para pelaku di sektor jasa keuangan agar kebijakan yang dikeluarkan efektif dan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan stabilitas keuangan.

Kegiatan vaksinasi yang dipusatkan di Gedung Learning Center OJK Sultra, diikuti oleh kurang lebih 300 orang yang terdiri para pegawai OJK, BI, FKIJK dan keluarga pegawai dan nasabah IJK.

Tahapan pemberian vaksinasi yang dialokasikan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan dilakukan dalam dua tahap yaitu penyuntikan dosis satu dan dosis dua.

Dikatakannya, tahap pertama bulan Juli 2021 Sultra mendapatkan 300 dosis vaksin dari total 500 ribu yang telah disalurkan/disuntikkan kepada masyarakat di daerah lain.


Sektor jasa keuangan di Sultra ikut vaksinasi COVID-19, dukung pemulihan ekonomi nasional (PEN), Senin (19/7/2021). (ANTARA/Harianto)



Vaksin selanjutnya akan diberikan pada bulan Agustus 2021 dengan alokasi vaksin sebanyak 1 juta untuk seluruh wilayah kerja KROJK/KOJK dan KPwBI.

"Sehingga pada akhir Desember 2021 diharapkan mencapai 10 juta orang untuk dosis lengkap," ujarnya.

Sebanyak 40 tenaga dari Dinas Kesehatan Kota Kendari terlibat dalam kegiatan ini, membantu proses pemberian vaksin mulai dari proses pendaftaran, screening hingga penyuntikkan vaksin kepada masyarakat.

Selain memberikan fasilitas tempat dan tenaga kesehatan dalam kegiatan Vaksinasi Sektor Jasa Keauangan, OJK juga bekerja sama dengan BI dan FKIJK melakukan pendataan kepada para penerima vaksin yang diberikan secara gratis. Adapun jenis vaksin yang diberikan pada tahap pertama ini adalah vaksin sinovac.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024