Kendari (ANTARA) - Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari memberikan keterampilan kerja empat bidang kepada 64 peserta siswa pelatihan agar memiliki kompetensi sehingga dapat digunakan untuk mencari kerja atau menciptakan lapangan kerja.

Sub Koordinator Pemberdayaan BLK Kendari Nurjayanti di Kendari, Senin, mengatakan empat paket program pelatihan yang diberikan yaitu Otomasi Industri, Las SMAW 3 G, Penggambaran 2D dengan sistem CAD, dan Service Sepeda Motor Konvensional.

"Target kami dari proses ini, ialah menyiapkan angkatan kerja yang siap pakai dan dengan itu kami berharap bisa menekan angka pengangguran," kata Nurjayanti saat membuka empat paket Pelatihan Berbasis Kompotensi Institusional nonBoarding Tahap VII di BLK itu.

Pada proses pelatihan ada beberapa tahapan yang mesti dilalui siswa, mulai dari pembinaan karakter, penguasaan teori, praktek dan On The Job Training atau dikenal dengan magang.

Hal itu bertujuan, agar setiap siswa pelatihan di BLK Kendari benar-benar sesuai standar kebutuhan pasar kerja, mulai dari kedisiplinan, ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.

“Semua itu, menjadi dasar dari proses penilaian terhadap para siswa untuk dinyatakan lulus berstatus kompeten atau hanya sekedar lulus saja tapi tidak kompeten,” bebernya.

Berkaitan dengan semua hal itu pula, Nurjayanti kembali menegaskan, agar para siswa yang kini menjadi peserta pelatihan dapat bersungguh-sungguh untuk mengikuti semua instruksi dari instruktur atau tenaga pengajarnya.

Sebab, siswa sebanyak 64 orang itu merupakan pilihan dari serangkaian seleksi yang dilakukan pihaknya untuk mengambil 16 orang terbaik di setiap kejuruan.

“Manfaatkan ilmu yang diberikan instruktur, karena kalian adalah orang-orang yang beruntung untuk bisa dilatih tanpa biaya. Jika, suatu hari kalian berhasil, maka itu merupakan kebanggaan pula bagi kami,” ujar dia.

Ia menjelaskan, pelatihan di BLK Kendari juga tidak dipungut biaya bagai pendaftar, sebab sudah menjadi tugas dan kewajiban BLK Kendari di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), untuk memberikan keterampilan terhadap masyarakat khususnya angkatan kerja, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja baik di dunia usaha atau industri dan bahkan bekerja secara mandiri.

“Setiap siswa peserta pelatihan mendapatkan tanggungan dari BLK Kendari mulai dari seragam, makan siang, kelengkapan alat tulis, biaya transpor dan sepatu kerja untuk tiga program pelatihan kecuali program penggambaran 2D dengan sistem CAD," katanya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024