Kendari (ANTARA) - Badan Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kendari menerjunkan 118 orang personel guna siaga SAR khusus menjelang lebaran 1442 Hijriah di wilayah kerjanya baik di daerah Sulawesi Tenggara termasuk di Sorowako, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, Jumat, mengatakan siaga SAR khusus lebaran tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang mulai berlangsung sejak 6-26 Mei 2021 mendatang.

"Untuk Basarnas Kendari sendiri kami mempersiapkan personel sebanyak 118 orang dalam pelaksanaan siaga SAR khusus lebaran ini," kata Aris.

Selain sebagai dukungan kebijakan pemerintah dan melaksanakan siaga SAR khusus dengan protokol kesehatan COVID19 yang bekerjasama dengan kementerian/lembaga terkait dengan keselamatan dan aman, hal itu juga untuk mewujudkan respon cepat dalam memberikan pelayanan jasa SAR.

"Ini juga untuk terwujudnya quick response dalam memberikan pelayanan jasa SAR di lingkup wilayah kerja Basarnas Kendari," ujar Aris.


  Personel Basarnas Kendari bersama TNI-Polri dan pihak terkait lainnya melakukan pengamanan di pelabuhan penyeberangan feri, Jumat (7/5/2021). (ANTARA/HO-Humas Basarnas Kendari)



Dikatakannya, ratusan personel yang disiagakan tersebut disebar di beberapa wilayah kerja seperti di Baubau, Wanci, Kolaka, Konawe Utara, Raha, Kendari dan Sorowako. Dengan sasaran pelabuhan, terminal, dan bandara.

Di samping 118 personel, peralatan pendukung laut seperti tiga buah kapal yang terdiri dari KN SAR Pacitan, RB 210 dan RB 307 serta lima buah RIB beserta peralatan pertolongan di air.

"Kendaraan darat dan peralatan pendukung keselamatan lainnya juga disiapkan untuk digunakan pada saat dibutuhkan," tambah Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024