Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerahkan bantuan sarana dan prasarana budidaya perikanan serta Kartu Usaha Perikanan (Kusuka) dan klaim Asuransi kepada warga di Kelurahan Anawai, Kecamatan Wuawua, di kota tersebut.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir di Kendari, Selasa, mengatakan bantuan sarana budidaya perikanan dan kartu usaha yang diserahkan kepada kelompok usaha di kota tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan.

"Hari ini kita menyerahkan beberapa bantuan program dari Kementerian Kelautan. Kita berharap bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat," kata Sulkarnain.

Penyerahan Kartu Kusuka kepada 14 kelompok usaha budidaya bersal dari APBD tahun 2020 lalu ini untul dapat memudahkan para pelaku usaha untuk mengakses transaksi daring serta memudahkan akses pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR).

Sulkarnain juga menyampaikan bahwa pemerintah kota memiliki program asuransi yang merupakan jaminan bagi nelayan sebagai jaminan bagi nelayan yang apabila melakukan aktifitas melaut mengalami musibah, akan mendapat jaminan dalam bentuk santunan.

“Program Pemerintah Kota Kendari yang tak kalah pentingnya adalah program Asuransi Nelayan, yang merupakan Kerjasama Pemkot Bersama Asuransi Jasindo," tuturnya.

Ia berharap, bantuan yang diserahkan tersebut dikelola dengan baik sehingga dapat meningkatkan usahanya meskipun di tengah pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan pengelolaan yang dilakukan pada bantuan ini bisa nanti menambah kepercayaan pemerintah pusat untuk bisa memberikan bantuan baik dalam jumlah yang banyak maupun volume bantuannya yang lebih besar," ujar Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir.

Kepala Dinas Perikanan Kendari Imran Ismail mengatakan budidaya perikanan merupakan salah satu bentuk usaha masyarakat masyarakat selama pandemi COVID-19 serta merupakan bentuk mendukung usaha pemerintah dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Selain itu, ia menyampaikan Kartu Kusuka untuk memudahkan nelayan bertransaksi serta memudahkan nelayan untuk mendapatkan bantuan.

“Penerima Kartu Kusuka yang mana tahun 2020 kemarin terdapat 147 penerima sudah siap disalurkan bekerjasama dengan dengan BNI serta 11 klaim asuransi berkerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan bagi nelayan yang terkena musibah 2020 kemarin sebesar Rp498 juta," jelas Imran.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024