Kolaka (ANTARA) -  PT.ANTAM Tbk UBPN Sultra menggelar upacara pembukaan Bulan K3 tahun 2021 secara virtual dan offline di halaman kantor perusahaan itu, Senin..

Dalam upacara pembukaan bulan K3 itu bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Kolaka H. Muhammad Jayadin yang dihadiri General Manager Antam Sultra Nilus Rahmat,Vice President Human Capital, CSR & Finance Dito Yulianto,Vice President Feni Plant Ulil Amri Nizhamul,Vice President Mining and Operation Support Mahana Hendah Sunarno,dan Vice President Finance Hamdan.

Dalam sambutan Direktur Operasi dan Produksi PT.Antam Hartono mengatakan Tahun 2020 telah dilalui dengan segala permasalahan dan hambatannya yang dihadapi bersama walaupun dalam kondisi pandemi COVID-19 yang berkepanjangan.

Untuk itu kata dia manajemen memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Insan Antam, mitra kerja dan stakeholder yang  telah berupaya mempertahankan kinerja keselamatan pertambangan untuk mendukung operasional perusahaan dengan tetap menjalankan protokol pencegahan dan penanganan COVID-19. 

Di awal tahun 2021 ini jelas Hartono kembali menyambut bulan K3 Nasional yang kali ini mengusung tema "Penguatan sumber daya manusia yang unggul dan berbudaya K3 pada semua sektor“.

Lebih jauh dia menjelaskan pandemi COVID-19 mempunyai dampak kelumpuhan pelayanan, gangguan keamanan dan ketertiban sosial serta kerugian ekonomi serta menyebabkan lumpuhnya aktivitas transportasi, keterbatasan arus uang dan barang, perubahan tingkat permintaan barang dan jasa, berkurangnya perjalanan, tuntutan kebutuhan makanan, meningkatnya angka absensi pekerja, meningkatnya biaya pelayanan kesehatan dan penanggulangan pandemi COVID-19. 

" Masa pandemi virus corona ini merupakan momentum bagi kita semua untuk memahami tentang pentingnya penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempat kerja karena merupakan kunci penting keberlangsungan perusahaan dan perlindungan pekerja kita dalam rangka pencegahan dan penanggulangan COVID-19," katanya

Sementara mewakili Pemerintah Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin saat membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Ida Fauziah mengatakan pada peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2021 ini, kita semua masih dalam kondisi prihatin dengan adanya Pandemi COVID-19 yang telah terjadi sejak Bulan Maret 2020 dan sampai sekarang masih belum benar- benar terkendali.

"Semoga pada hari-hari mendatang dengan adanya vaksin negara kita dapat segera pulih dari kondisi kesehatan, kondisi ketenagakerjaan maupun kondisi ekonomi," kata Jayadin mengutip pernyataan Menteri Tenaga Kerja RI.

Kondisi ini kata dia jangan menurunkan semangat untuk terus menerus menggelorakan pentingnya menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja kita masing-masing. 

Menteri Tenaga Kerja Ri juga m,enjelaskan telah banyak kebijakan yang telah diterbitkan dalam menghadapi pandemi COVID-19 antara lain Keputusan Menteri No. 312 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Keberlangsungan Usaha Dalam Menghadapi Pandemi Penyakit serta regulasi lainnya untuk dapat dijadikan pedoman bagi semua perusahaan.

" Saat ini sudah ada vaksin covid19 tersebut, semoga kita segera terbebas dari penyakit pandemi ini dan kembali memasuki kondisi yang normal seperti sediakala," jelasnya.













 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024