Kendari (ANTARA) - Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Sulawesi Tenggara menyumbang sebanyak 17 unit wastafel kepada 17 sekolah tingkat SMA/SMK, SLB dan Madrasah Aliyah di Kota Kendari guna mendukung penerapan protokol kesehatan COVID-19 ketika melakukan proses belajar mengajar (PBM) tatap muka nantinya.

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu di Kendari, Jumat, mengatakan wastafel yang diberikan kepada puluhan sekolah tersebut merupakan hasil paket pelatihan tanggap COVID-19 yang terakhir selama tahun 2020.

"Sebanyak 17 unit wastafel yang diserahkan adalah paket terakhir yang dikerjakan akhir di Bulan September tahun lalu (2020). Adapun yang menentukan sekolah-sekolah mana saja yang akan menerima wastafel adalah Kepala Dinas Pendidikan Sultra dan Kakanwil Agama," kata Polondu.

Ia menyampaikan, secara keseluruhan pihaknya telah membuat 120 unit wastafel termasuk dari yang diserahkan pada hari dengan harapan dapat mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Kami berharap ini bisa menjaga siswa-siswi sekolah agar terhindar dari COVID-19, sekaligus bisa dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru serta kepala sekolah," ujar dia.

Asisten I Provinsi Sultra Basiran menilai apa yang telah dilakukan BLK berdampak positif dan sangat berkontribusi dalam membantu pemerintah menangani COVID-19.

"Sangat luar biasa BLK Kendari, sangat inovatif, kreatif dan sangat memperdulikan masyarakat yang ada di kota Kendari pada khususnya," katanya.
  BLK Kendari saat menyerahkan puluhan westafel hasil pelatihan tanggap COVID-19 BLK Kendari kepada 17 sekolah tingkat SMA Sederajat di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, yang disaksikan Asisten I Provinsi Sultra Basiran, Jumat (8/1/2020). (ANTARA/Harianto)


Ia berharap, apa yang dilakukan BLK Kendari menjadi contoh baik kelompok masyarakat dam pemerintah agar berperan aktif memberikan kontribusi terbaik pelaksanaan dalam hal pelaksanaan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Bapak Gubernur sangat berterima kasih atas upaya yang dilakukan BLK Kendari, sehingga beliau memberikan piagam penghargaan sebagai bukti tertulis pengakuan Pemerintah Provinsi terhadap peningkatan inovasi kinerja dan partisipasi dalam penyelenggaraan penanggulangan penyebaran COVID-19," tukas-nya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kendari Ruslan mengucapkan terima kasih atas wastafel yang diberikan pihak BLK. Pasalnya itu menjadi fasilitas yang dibutuhkan tiap sekolah di masa pandemi COVID-19.

"Bantuan dari BLK tentu akan memperkuat dan memperbanyak fasilitas sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan. Kami sekolah betul-betul sangat terbantu dengan wastafel ini, apalagi kami di SMAN 1 Kendari memiliki banyak siswa yang harus memiliki fasilitas cuci tangan," pungkas Ruslan.

Untuk diketahui, para kepala sekolah dari 17 sekolah tingkat SMA Sederajat di Kota Kendari datang langsung menerima puluhan wastafel tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024