Kendari (ANTARA) - Kekuatan pers membentuk persepsi atau opini bagi masyarakat tidak diragukan sehingga diharapkan  para wartawan menyajikan informasi dan data yang benar.

Hal tersebut terungkap pada forum silaturahmi wartawan Kamtibmas dengan jajaran Humas Polda Sulawesi Tenggara di Kendari, Rabu.

"Setiap orang dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya memiliki tantangan menuju sukses. Wartawan dan polisi pun demikian, sehingga diharapkan bekerja profesional sesuai ketentuan," kata Kabid Humas Polda Sultra Kombes Ferry Walitukan.

Pers diharapkan memberitakan sesuatu sesuai fakta atau kebenaran karena publik percaya bahwa informasi yang disebarluaskan melalui media adalah sesuatu yang benar terjadi sehingga selalu menjadi rujukan.

Ia pun memaklumi tantangan para wartawan menghimpun informasi dilingkup kepolisian cukup menantang.

"Saya selaku penanggungjawab kehumasan di Polda Sultra bersedia setiap saat dikonfirmasi teman-teman wartawan. Kalau hal yang dipertanyakan belum terjawab seketika harap dimaklumi," kata Fery.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Sultra,  Sarjono mengatakan wartawan dan narasumber dari kepolisian mitra sejajar yang saling membutuhkan.

"Nilai tertinggi dari profesi kewartawanan adalah nara sumber berita. Pers harus menjaga kepercayaan nara sumber karena tanpa nara sumber pers tidak berarti apa apa," kata Sarjono.

Wartawan sebagai pekerja profesional terus dituntut memiliki kapasitas yang mumpuni mengingat fungsi pers sebagai wahana mencerdaskan kehidupan bangsa.


Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024