Kolaka (ANTARA) - Kepolisian resor Kolaka,Sulawesi Tenggara, mengimbau  masyarakat agar melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di saat musim kemarau tahun ini.

Kapolres Kolaka,AKBP Saiful Mustofa yang ditemui,Rabu mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemda setempat,tim Manggala Aqni untuk menghindari terjadinya karhutla di beberapa wilayah yang dianggap rawan.

Selain itu kata Saiful, kepolisian juga melakukan pemasangan baliho cegah karhutla serta melakukan  patroli bersama TNI,Manggala Aqni dan masyarakat peduli karhutla.

" Pemantauan jug dilakukan melalui pemanfaatan citra satelit lewat website serta menyiapkan personil siaga bencana karhutla dan meningkatkan partisipasi masyarakat," katanya.

 Untuk itu Kapolres mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran saat pembukaan lahan baru,tidak membuang puntung rokok di dalam kawasan hutan saat kemarau utamanya di area yang mudah menimbulkan titik api.

Warga juga di ingatkan lanjut dia agar tidak melakukan pembersihan ladang dengan cara membakar karena bisa mengakibatkan kebakaran hutan dan masyarakat di minta segera melapor ke pos polisi terdekat.

" Mari kita sama-sama saling menjaga hutan dan lahan dari kebakaran,apalagi disaat musim kemarau seperti ini," ungkap Saiful Mustofa. 






 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024