Kendari (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bersama Forum Generasi Berencana (GenRe) Indonesia Sultra, menggelar pelatihan "Genre Akademik" di Kendari 15-17 Agustus 2020.

"GenRe Akademik merupakan sebuah pelatihan guna melatih soft skill remaja-remaja Sultra terkhusus remaja-remaja yang tergabung di dalam Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja," kata kepala BKKBN Sultra, Asmar, saat membuka kegiatan itu.

Dikatakan, di masa Pandemi COVID-19 ini memang pelatihan soft skill ini sangat diperlukan oleh remaja guna tidak membuat remaja bosan, bahkan jenuh dengan keadaan yang harus safety di era pandemi COVID-19 ini. 

"Pelatihan GenRe Akademik ini seharusnya memang diadakan oleh BKKBN guna mendukung remaja dalam pengembangan kualitas yang mereka miliki. Apalagi di masa pandemi covid 19 ini, remaja akan begitu bosan dengan kegiatan yang begitu-begitu saja. Tetapi, tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dari pemerintah seperti memakai masker dan handsanitizer ketikta berpergian," ujar Asmar.  
 
Pelatihan GenRe Akademik diadakan selama 3 hari dari tanggal 15-17 Agustus 2020 dengan mengusung tema "Remaja Berkualitas dengan Potensi Tak Terbatas".

Seperti hal-nya tema yang diangkat GenRe Akademik ini memang bertujuan untuk menciptakan remaja-remaja yang berkualitas atau meningkatkan kualitas yang ada dalam diri nya.

Adapun materi-materi yang dibawakan memang materi-materi yang sangat diperlukan remaja dalam pengembangan kualitas nya seperti materi Public Speaking, life skill, dan pengelolaan Social Media di masa Pandemi COVID-19.

Selain materi-materi di atas, remaja yang tergabung ke dalam PIK Remaja ini juga menerima materi mengenai Teknik Fasilitator dengan menggunakan modul PKBR, pengelolaan PIK Remaja, pendidik sebaya dan konselor sebaya.

Peserta kegiatan ini yakni PIK Remaja SMP Negeri 9 Kendari, PIK Remaja SMAN 4 Kendari, PIK Remaja MAN 1 Kendari, PIK Remaja MAN Insan Cendekia Kendari, PIK Remaja SMAN 11 Kendari, dan PIK Remaja SMP Negeri 17 Kendari


 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024