Baubau (ANTARA) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, melakukan inspeksi mendadak di sejumlah pasar tradisional dan pasar modern di daerah itu guna memastikan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok jelang perayaan Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi.

Pemantauan di gudang Bulog dan beberapa distributor yang dipimpin Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse bersama Kapolres AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, Kasdim mewakili Dandim 1413 Buton dan pejabat instansi terkait, Selasa.

Wakil Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, dari  pemantauan yang dilaksanakan itu ketersediaan bahan pangan dipasaran seperti beras dan komoditi lainnya masih cukup tersedia.

“Keterjangkauan masalah harga juga cukup stabil bahkan bila dibandingkan dengan lebaran Idul Fitri kemarin harga relatif lebih turun, meski ada kenaikan harga pada beberapa komoditi namun kondisi masih dalam batas kewajaran dan belum terlalu mengkawatirkan,” ujarnya.

Ditambahkan, bahwa kegiatan pemantauan terhadap sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat tidak hanya dilakukan menjelang lebaran Idul Adha tapi akan terus dilakukan Pemkot Baubau melalui Dinas Perindag dan Ketahanan Pangan dengan melakukan pengontrolan secara rutin sehingga kekhawatiran masyarakat soal adanya penumpukan barang tidak akan terjadi di daerah itu.

Sementara itu, Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari mengatakan, meninjau langsung ke lapangan selain terkait melihat kestabilan harga dan ketersediaan barang juga melihat kepatuhan masyarakat terutama penjual terkait dengan protokol kesehatan terutama bagaimana penerapan protokol kesehatan di sentra-sentra ekonomi apakah di pasar maupun di swalayan-swalayan dan supermarket . 

Menurutnya, sejauh ini  kondisi harga bahan pokok masih cukup normal, begitu pun tingkat ketersediaan maupun tingkat kepatuhan masyarakat.

“Kita juga mengimbau kepada semua pihak agar berempati dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan jangan ada satu pihak pun yang mengambil keuntungan diatas penderitaan orang lain sehingga bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan baik,” ujarnya.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024