Kendari (ANTARA) - Jajaran Badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi Sultra terkait persiapan pelaksanaan pelayanan serentak sejuta akseptor pada hari keluarga nasional (harganas) XXVII 2020 yang jatuh pada 29 Juni 2020.

Koordinasi BKKBN tersebut dipimpin langsung oleh kepala BKKBN Sultra, Asmar didampingi Kabid Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, dan diterima langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, di rujab Gubernur Sultra, Kamis.

Momentum tersebut dimanfaatkan Asmar untuk memperkenalkan diri sebagai kepala BKKBN Sultra yang baru menggantikan pejabat sebelumnya yang telah pensiun.

Asmar mengatakan bahwa kesuksesan pelaksanaan Harganas sekaligus pelayanan sejuta akseptor serentak tergantung dukungan pemerintah daerah dan mitra terkait lainnya.

"Perayaan Harganas kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena dilakukan saat ini dalam pandemi virus corona," katanya.

Asmar juga melaporkan bahwa persiapan pelaksanaan pelayanan serentak di semua titik kabupaten kota sudah matang yang didukung oleh pemerintah daerah masing-masing.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Korem 143 Haluoleo dan meminta dukungan dari ketua DPRD Sultra yang apresiasi langsung oleh ketua DPRD Sultra Abdurahman Saleh," katanya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, mengapresiasi kegiatan pelayanan serentak sejuta akseptor yang akan dilaksanakan di seluruh fasilitas kesehatan (faskel) wilayah Sultra.

"Semoga target pelayanan KB serentak sejuta akseptor ini dapat tercapai nantinya. Juga saat Pandemi ini untuk pelayanan medis, petugas medis wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Sedangkan untuk panduannya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah disiapkan,” kata gubernur.

Gubernur meminta seluruh jajarannya, pemerintah kabupaten kota dan masyarakat se Sultra untuk mendukung kegiatan itu agar berjalan lancar dan sukses.


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024