Baubau (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, meluncurkan tes cepat massal bagi para tenaga kesehatan (nakes) di 17 Puskesmas setempat dalam upaya mencegah dan mengantisipasi persebaran wabah corona.

"Rapid tes massal ini kita prioritaskan untuk tenaga kesehatan yang ada di seluruh Puskesmas di Kota Baubau, baik tenaga kesehatan organik, nonorganik, juga tenaga lainnya yang beraktivitas di Puskesmas," kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Baubau dr Lukman di Baubau, Jumat.

Ia mengatakan tes cepat bagi tenaga kesehatan di lingkup Puskemas merupakan perhatian pemerintah kepada tenaga medis yang melayani masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Kegiatan hari ini direncanakan lebih dari 800 orang nakes dan tenaga-tenaga kita di Puskesmas, mudah-mudahan semua non-reaktif. Jadi ini bisa memberikan ketenangan kepada tenaga kesehatan kita dalam melayani, dan masyarakat juga tenang saat dilayani," katanya.

Pada kesempatan itu pihaknya juga mengingatkan seluruh tenaga Puskesmas untuk melakukan inovasi pelayanan dalam menghadapi prakondisi normal baru.

"Jadi, ciptakan pelayanan yang tenang, baik, dan inovatif di Puskesmas, salah satu caranya kita timbulkan dulu rasa tenang kepada tenaga kesehatan kita di Puskesmas," ujarnya.

Sementara itu, tambah dokter spesialis penyakit dalam ini, untuk seluruh tenaga kesehatan di RSUD Baubau sudah terlebih dahulu dilakukan tes cepat.

Peluncuran tes cepat massal di halaman kantor Sekretariat Bersama (Sekber) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Baubau, resmi dibuka Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Roni Muhtar yang juga Sekda Kota Baubau.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024