Kendari (ANTARA) -
Guna memaksimalkan penanganan, pencegahan dan penyebaran virus Corona  (Covid-19) Pemerintah Kota Kendari Sulawesi, Tenggara (Sultra) akan mengalihkan sebagian dana kelurahan.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir di Kendari, Senin mengatakan, pengalihan dana kelurahan merupakan salah satu upaya Pemkot Kendari  dalam upaya memaksimalkan penanganan pencegahan dan penyebaran COVID -19, di mana sebelumnya alokasi dana kelurahan dipergunakan untuk membangun fasilitas publik di kelurahan namun untuk saat ini dialihkan untuk penanganan, pencegahan dan penyebaran pandemi  COVID -19.

"Jadi dana kelurahan itu tidak dipotong namun sebahagian penggunaannya dialihkan untuk penangan COVID-19 di Kota Kendari dan pengalihan dana kelurahan ini juga sudah sesuai dengan keputusan pemerintah pusat." ujar Wali Kota Kndari.

Ia mengatakan, pengalihan dana kelurahan oleh Pemkot Kendari dilakukan bertujuan  agar penanganan, pencegahan dan penyebaran virus Corona lebih maksimal dan pengalihan dana kelurahan nantinya juga akan dikembalikan ke masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya warga  kurang  akibat pandemi  COVID-19 di Kota Kendari.

Menurut Sulkarnain, dana kelurahan yang dialihkan ini tidak hanya sepenuhnya dipergunakan untuk pengadaan alat kesehatan namun juga dana tersebut sebahagian besar akan kembali ke masyarakat khususnya masyarakat yang terdampak kebijakan social distancing yang juga diberlakukan Pemkot kendari seperti warga kurang mampu yang berpenghasilan rendah.

Sementara itu Lurah Lahundape Hery mengapresiasi langkah Pemkot Kendari untuk mengalihkan dana kelurahan untuk penanganan pencegahan dan penyebaran virus corona, sebab dengan adanya pengalihan dana kelurahan dapat membantu memaksimalkan peran kelurahan dalam penanganan COVID-19 di satuan tugas RW mandiri Kelurahan Lahundape.

"Kami sangat mendukung dan mengapresiasi pemkot Kendari mengalihkan dana kelurahan sehingga penanganan covid 19 di kelurahan lebih maksimal dan dana kelurahan juga akan membantu masyarakat kurang mampu khususnya di kelurahan Lahundape," ujar  Hery.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024