Kendari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) segera mendistribusikan 2.000 pieces alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis di 17 kabupaten/kota yang merupakan bantuan dari gugus tugas nasional di pusat.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, di Kendari, Senin, mengatakan APD tersebut merupakan bantuan dari gugus tugas nasional yang diserahkan melalui Pangdam di seluruh Indonesia termasuk Pangdam XIV/Hasanuddin kemudian Pangdam Hasanuddin menyerahkan kepada Korem 143/Haluoleo yang kemudian diserahkan ke Pemprov.

"Alat pelindung diri yang tibah hari ini dan kemarin ini adalah bantuan dan dukungan dari gugus tugas nasional," kata Ali Mazi saat konferensi pers di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Senin (30/3).

Ali Mazi menerangkan, tahap pertama APD yang tiba di Sulawesi Tenggara yaitu pada tanggal 20 Maret 2020 sebanyak 4 Koli melalui darat, kemudian pada tanggal 29 Maret 2020 ada 15 koli melalui udara sehingga, kata dia, berjumlah 19 Koli. Suasana konferensi pers penyerahan APD bantuan dari gugus tugas nasional melalui Danrem 143/Haluoleo ke Pemprov Sultra, selanjutnya diberikan ke Gugus Tugas Sultra untuk yang kemudian akan didistribusikan ke 17 kabupaten/kota (ANTARA/Harianto)

"Kemudian kemarin pada tanggal 29 Maret 2020 juga telah tiba melalui bandara udara sejumlah 21 koli sehingga secara keseluruhan berjumlah 40 koli. Nah 40 koli, masing-masing berisi 50 pieces, jadi jumlah secara keseluruhan kurang lebih 2000 pieces," terangnya.

Penyerahan 40 koli APD tersebut diserahkan oleh Danrem 143/Haluoleo kepada pemerintah provinsi selanjutnya pemerintah provinsi menyerahkan APD tersebut ke Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sultra untuk didistribusikan ke 17 kabupaten/kota se-Sultra.

"Mudah-mudahan hari ini setelah diserahkan oleh Danrem 143/Haluoleo kepada pemerintah provinsi kemudian Gubernur akan menyerahkan kepada gugus tugas. Mudah-mudahan APD ini akan bermanfaat dalam rangka melakukan atau melaksanakan pencegahan COVID-19," harapnya.  

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024