Kendari (ANTARA) - Kodim 1417/Kendari bakal menggelar Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-107 tahun 2020, yang akan dilaksanakan di Kecamatan Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Komandan Kodim 1417/Kendari Kol Inf Alamsyah mengatakan, penetapan lokasi TMMD di Konkep setelah adanya usulan permintaan TMMD oleh Pemerintah Daerah Konkep dan telah dilakukan peninjauan lokasi oleh tim Staf Teritorial Kodim 1417/Kendari bersama Dinas terkait.

"Dari hasil koordinasi dengan Pemda Konkep ada 4 sasaran fisik yang akan dikerjakan salah satunya bedah rumah di Desa Matabaho, Kecamatam Wawonii," kata Alamsyah, dalam rilisnya yang diterima di Kendari, Jumat.

Alamsyah mengungkapkan pelaksaan kegiatan TMMD di Konkep diperkirakan akan dilaksanakan pada Juni 2020 mendatang.

"TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat," jelas Alamsyah.
  Tim Staf Teritorial Kodim 1417/Kendari bersama Dinas terkait meninjau lokasi sasaran TMMD tahun 2020 di Konawe Kepulauan. (ANTARA/HO-Kodim 1417/Kendari)

Ia berharap, TMMD yang bakal dilaksanakan di Konkep akan meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Sementara itu, Kadis Perumdes Konkep, Danyal, dalam keterangannya saat peninjauan lokasi sasaran TMMD mengatakan pihak pemerintah daerah Konkep mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI karena menjadikan Kankep sebagai lokasi TMMD 2020.

"Ini akan membantu percepatan pembangunan  fisik dan nonfisik yang sejalan dengan visi dan misi serta rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Konawe Kepulauan Tahun 2016 sampai 2021," Jelasnya

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024