Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluarkan peringatan dini seluruh wilayah kabupaten/kota di Sultra berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang.

Prakirawan BMKG Sultra, Faizal Habibie mengatakan, prakiraan cuaca wilayah Sultra pada 23-24 Februari 2020, mengalami variasi mulai pagi siang hingga malam hari, ada yang hujan ringan ada juga yang hujan lokal dengan intensitas ringan yang disertai guntur dan angin kencang.

"Potensi terjadi hujan sedang hingga lebat biasanya disertai guntur dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Konawe Utara," Katanya, Minggu.

Selanjutnya, pada siang hingga sore hari diwilayah Konawe, Konawe Utara, Kendari, Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Kolaka, Bombana, Baubau, Konawe Selatan, Buton, Buton Utara, Buton Selatan, Buton Tengah, Muna dan Muna Barat. Pada malam hari di wilayah Kolaka Utara.
  Cuaca di wilayah Sultra berdasarkan pantauan BMKG Kendari pada Februari 2020. Hasil pantauan menunjukkan potensi terjadi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang terjadi hingga 24 Februari 2020. (ANTARA/HO-Humas BMKG Kendari)


Selain hujan lebat yang disertai angin kencang, Faizal mengungkapkan wilayah Sultra juga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga ringan.

Pada siang hingga sore hari, kata dia, berpotensi hujan sedang di wilayah Muna, Muna Barat, Baubau, Buton Selatan, Buton, Buton Tengah, Buton Utara, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Kolaka, Kendari, Konawe Selatan, Konawe, Bombana. Hujan Ringan di wilayah Wakatobi.

"Sementara pada malam hari, berpotensi hujan ringan di wilayah Kolaka dan Bombana. Berpotensi hujan sedang di wilayah Kolaka Utara. Kemudian pada dini hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kolaka Utara," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan huhu udara mencapai 24-33 derajat celcius, dengan kelembaban udara 65-95 persen dan angin bertiup dari Barat Laut menuju Timur Laut dengan kecepatan 2-20 kilometer per jam.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024