Kolaka (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas membuka secara resmi  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten Kolaka di kecamatan Polinggona, Senin.

Pembukaan MTQ tingkat kabupaten ini ditandai dengab penekanan tombol serine oleh Wagub, Bupati Kolaka, Kakanwil Kemenag Sultra,Wabup Kolaka, ketua DPRD Kolaka dan sejumlah pejabat lainnya. 

""Lmi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten yang telah menyelenggarakan ivent keagamaan, apalagi di kabupaten Kolaka merupakan gudang penghafal Alquran," kata Lukman Abunawas.

Semantara Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam sambutannya berharap penyelenggaraan MTQ bukan hanya sekadar penguatan syiar agama Islam, tapi juga sebagai barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al Quran yang selama ini berlangsung ditengah masyarakat.

Menurutnya dalam mendukung tercapainya generasi penghafal Alquran, dilaksanakan program pengadaan seribu Taman Pengajian Alquran (TPA) yang tersebar pada 12 kecamatan.

" Inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Pondok dan Lembaga Tahfidz yang menyebar hingga ke desa-desa,bahkan melahirkan santri berprestasi dan mampu bersaing pada event Provinsi, Nasional bahkan internasional," kata Safei

Safei juga menyampaikan selamat berkompetisi kepada seluruh peserta MTQ, dengan tetap menjunjung sportifitas, meluruskan niat serta berkompetisi dengan ikhlas semata mengharap ridha Allah SWT.

"Kepada dewan hakim dan dewan juri, selamat menjalankan tugas dengan amanah dan penuh rasa tanggung jawab,  dengan tetap menjunjung tinggi asas netralitas," kata Bupati Kolaka dua periode itu.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024