Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVIII tahun 2020 tingkat Kota Kendari.

Kegiatan itu dibuka oleh Wali Kota Kendari, H Sulkarnain K, Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar, ketua TP PKK Kendari, Sri Lestari, dihadiri unsur Forkopimda Kendari, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), di Tamkot Kendari, Rabu.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain mengatakan MTQ ini merupakan bagian dari syiar Islam dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang Al Quran.

"Al Quran tidak hanya sekedar dibaca tetapi harus dipahami kandungannya kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari hari," katanya.

Menurut dia, menafsirkan dan memahami Al Quran jangan secara sepotong- sepotong, karena akan menimbulkan berbagai persepsi penafsiran.

"Jadikan momentum ini untuk lebih meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Sunardi, menjelaskan, MTQ tingkat Kota Kendari ini berlangsung, 5-9 Februari dengan mempertandingkan 8 jenis lomba dan 24 golongan di antaranya Cabang Hifzil Quran, Tafsir Quran, Musabaqah makalah, Fahmil Quran dan Kasidah serta lomba pawai ta'ruf sebagai tambahan.

"Peserta lomba seluruhnya berjumlah 330 orang dari 11 kecamatan dan 65 kelurahan se Kota Kendari, Lokasi pelaksanaan lomba akan berlangsung di pada beberapa titik," katanya.

Baca juga: Tuan Rumah MTQ 2020, Konawe Utara Benahi Infrastruktur Jalan

Pembukaan MTQ tingkat Kota Kendari ini diawali dengan pelantikan dan pengukuhan dewan juri dan dewan Hakim, serta penyerahan Piala bergilir juara umum dari Kecamatan Wuawua kepada Walikota Kendari lalu diserahkan kepada panitia untuk diperebutkan kembali.

Sebelum pembukaan, terlebih dahulu dilakukan pawai ta'ruf dari barisan 11 kecamatan dan 65 kelurahan, kemudian MTQ kali ini dirangkaikan dengan fashion show.

Pemenang lomba nantinya akan mewakili Kota Kendari pada MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di Kabupaten Konawe Selatan pada April mendatang.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024