Kendari (ANTARA) - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kota Kendari, Sulawesi Tenggara menggelar pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gigi secara gratis bagi masyarakat di daerah itu.

Ketua PDGI Kota Kendari drg. Meyke Puspita di Kendari, Minggu, mengatakan bakti sosial pemeriksaan dan konsultasi gigi itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 PDGI di daerah setempat.

"Jadi kegiatan ini meliputi bakti sosial di antaranya konsultasi dan pemeriksaan gigi, pemeriksaan mulut peserta dan dapat langsung ke dokter swasta untuk melakukan, 'scalling' (pembersihan) gigi, pencabutan gigi maupun penambalan gigi secara gratis," kata dia.

Selain itu, kata dia, kegiatan HUT PDGI juga diisi dengan beberapa lomba, yakni senyum ceria bagi anak yang berusia 5-6 tahun bekerja sama dengan Puskesmas Kota Kendari.

Baca juga: PDGI sosialisasi cara merawat gigi yang benar

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahmi Ningrum mengatakan perawatan gigi hendaknya diajarkan kepada anak sejak usia dini.

"Sebaiknya sejak usia dini anak di ajarkan merawat gigi, sebab masih kurangnya masyarakat akan kesadaran dalam menjaga gigi dan mulut," katanya.

Berdasarkan data Riskesdas, 61 persen mengindikasikan perilaku menyikat gigi usia di atas tiga tahun, hanya mencapai 8,8 persen cara menyikat gigi yang baik dan benar.

"Artinya program pemerintah mengenai cara menjaga kesehatan dan praktik harus ditingkatkan sesuai dengan program Kementerian Kesehatan bahwa 2030 Indonesia bebas karies," ujarnya.

Kegiatan HUT PDGI itu diikuti oleh PDGI dari Cabang Konawe, Kolaka, Bombana, Baubau, dan Kabupaten Muna.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024