Baubau (ANTARA) - Penyanyi Opick tampil pada perayaan malam Tahun Baru 2020 di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Selasa.

Pemerintah Kota Baubau bersama seluruh masyarakat menyambut Tahun Baru 2020 dengan penuh suka cita dalam balutan suasana pergantian tahun menjadi begitu religius.

Penampilan penyanyi lagu religi Opick yang berlangsung dipelataran kotamara daerah itu, dihadiri pejabat Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Wakil Wali Kota La Ode Ahmad Monianse, unsur forkopimda daerah setempat, anggota DPRD Baubau, kepala OPD, camat,lurah,tokoh agama,tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin mengatakan beberapa menit lagi pergantian tahun 2019 akan dilalui. Banyak pengalaman, catatan-catatan, memori-memori dan dinamika kemajuan yang telah berhasil dicapai bersama, namun ada juga pembangunan yang belum diselesaikan. 

Dalam rangka memberikan kenyamanan bagi masyarakat daerah itu, kata dia, Pemkot Baubau bersama forkopimda juga konsisten memastikan terciptanya kondisi ketentraman dan ketertiban sehingga masyarakat dapat dengan tenang dalam melaksanakan aktifitas. 

Selain capaian pembangunan kota Baubau ditahun 2019, menurutnya, beberapa keberhasilan dan prestasi juga telah diraih antara lain pada bulan November lalu sukses melaksanakan kegiatan dengan skala nasional dan internasional yaitu Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asean (FKMA PO5) yang dihadiri oleh seluruh Sultan se-Nusantara termasuk perwakilan beberapa negara-negara ASEAN. 

Selanjutnya pemerintah Baubau juga sukses memfasilitasi atas keberhasilan ditetapkannya Sultan Buton ke 20 dan ke 23 Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yi Koo) sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Republik Indonesia.

"Penghargaan yang kita peroleh ditahun 2019 antara lain pengelolaan keuangan daerah tahun 2018 dengan opini wajar tanpa pengeculian (OWTP) dari BPK-RI perwakilan Sulawesi Tenggara," ujarnya.

Termasuk, lanjut dia, Sultra Award sebagai kota terbaik mengenai inflasi daerah dari Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, kota yang berkomitmen dalam meningkatkan produksi dan pembangunan perkebunan yang berkelanjutan dari Kementerian Pertanian dan perkebunan Republik Indonesia dan E-Goverment Award dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia.

Pada kesempatan itu pula, dia mengajak untuk menyambut tahun baru sebagai ajang evaluasi dan refleksi kembali perjalanan hidup dan tetap berkomitmen untuk saling bergandengan tangan untuk melanjutkan pembangunan Kota Baubau.

"Saya sangat mengapresiasi dan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh komponen masyarakat, forum komunikasi pimpinan daerah, pimpinan dan anggota DPRD, TNI, Polri, jajaran pemkot, pihak swasta, insan pers, akademisi, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, dan semua pihak atas segala bantuan dan dedikasi serta pengabdian dan kerja sama yang telah diberikan kepada negeri yang tercinta ini,"  jelasnya.

Diakhir sambutannya, Wali Kota Baubau dua periode ini menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Baubau mengucapkan selamat Tahun Baru 2020.

"Semoga Allah SWT senantiasi melindungi dan membimbing kita semua serta melimpahkan rahmat dan hidayahnya dalam membangun daerah menuju masyarakat Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Pada kegiatan tersebut juga dirangkaikan pemberian hadiah pemenang lomba kota sehat antar kecamatan dan kelurahan daerah itu.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024