Kendari (ANTARA) - Badan Kependudukan dan keluarga berencana nasional BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan "Peningkatan Implementasi Program KKBPK Melalui Sinkronisasi dan Pemaduan Program Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2019".

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plh kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra, Hj Min Rahmatin, dihadiri Kabid Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, di Kendari, Rabu.

Min Rahmatin mengatakan, capaian sampai bulan September 2019 dari target 67.252 akseptor telah tercapai 45.028 akseptor atau 66,95 persen.

"Kemudian target MKJP sebanyak 11.905 akseptor dan tercapai 9.742 akseptor atau 81,82 persen," katanya.

Sementara itu peserta KB pria dari target 3.312 akseptor dan tercapai 994 akseptor atau 30,0 1 persen, sedangkan capaian KB wanita dari target 63.940 sudah terealisasi 44.034 akseptor atau 68,87 persen.

Dikatakan, kegiatan yang digelar tersebut untuk mendukung capaian program KKBPK dan menyatukan persepsi terkait dengan pelaksanaan lomba PKK-KKBPK-Kesehatan terutama dari sisi pelaporan.

"Peran mitra untuk mengembangkan program KKBPK di Kampung KB sangat penting dengan cara pendampingan poktan-poktan dan PPKS oleh mitra di Kampung KB, kemudian pendampingan usaha ekonomi keluarga oleh mitra di Kampung KB," katanya.

Selanjutnya kata Min Rahmatin, fasilitasi sarana dan prasarana bagi kelompok BKB, BKR, BKL dan kelompok usaha ekonomi keluarga serta kegiatan PIK remaja dan UPPKS, pengembangan pusat percontohan usaha ekonomi keluarga di Kampung KB.

"Kemudian lakukan integrasi pengembangan usaha ekonomi keluarga PKL dan PPKS di Kampung KB bersama mitra kerja pengembangan BKL dan UPPKS bersama mitra di Kampung KB melalui Dana Desa perluasan akses permodalan bagi kelompok ekonomi keluarga yang ada di Kampung KB," katanya.

Baca juga: BKKBN Sultra-Pemda Kolaka Timur gelar rakor program KKBPK

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan, Iklamin, melaporkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan Kampung KB.

"Pengintegrasian kegiatan dan penguatan lintas sektor meningkatnya intervensi kegiatan lintas sektor dalam mendukung program KKBPK sampai tingkat Dasa Wisma dan lini lapangan," katanya.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 19-21 November 2019 di Kendari, peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 34 orang yang terdiri dari 1 orang pejabat eselon di OPD KB kabupaten kota serta 1 orang dari PKK Kabupaten Kota.


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024