Kendari (ANTARA) - Menjelang puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 tahun 2019 yang berlangsung 2-5 November 2019, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah telah mempersiakan berbagai jenis makanan khas daerah yang terbuat dari bahan baku nonberas.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir di Kendari, Senin mengatakan, sebagai salah satu tuan rumah kegiatan internasional, beberapa jenis makanan khas daerah nonberas yang disingkat (SIKATO) Sinonggi, Kasuami, Kambose dan Kabuto itu dipersiapkan untuk menyambut para tamu peserta HPS.

"Makanan khas daerah yang terbuat dari sagu, jagung dan ubi kayu itu sengaja kita persiapkan untuk para tamu yang nantinya dipersembahkan pada saat peserta HPS berada di pameran nanti," ujar wali kota.

Sulkarnain menjelaskan, selain makanan khas daerah, Pemkot Kendari juga menghadirkan berbagai jenis tanaman sayuran, melalui konsep hidroponik, sebagai bagian dari swasembada sayur.

"Ini kabar gembira buat kita semua, dan masyarakat harus menunjukkan antusias untuk menyambut para tamu dari berbagai daerah dan beberapa duta negara, sehingga dengan banyaknya stand pameran pembangunan pertanian nanti, tentu banyak juga yang diliat," ujarnya.

Peringatan HPS ke-39 yang dipusatkan di Sultra, disambut positif pemerintah dan masyarakat Kota Kendari, apalagi kegiatan pameran yang akan hadiri seluruh provinsi, berlangsung di alun-alun eks MTQ Kendari.
  Salah satu jenis makanan non beras terbuat dari ubi kayu dan sagu asal Kota Kendari . (foto Antara/Azis Senong)
Menurut rencana, selain dihadiri sejumlah duta besar dari berbagai negara serta para Menteri Kabinet Jilid II, Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka secara resmi peringatan HPS ke-39, di Desa Puudambu Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan.

Keterangan dari Kadis Kominfo Sultra, Saefuillah, para tamu HPS dari berbagai daerah dan bahkan dari luar negeri sudah mulai berdatangan sekitar 30-31 Oktober 2019 dengan menempati hampir seluruh hotel dan wisma yang sudah disiapkan.

Adapun tema, dari HPS ke-39 kali ini ada dua tema yakni tema internasiona "Our actions are our future.Healthy diets for a Zero Hunger world" sedangkan tema nasional "Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045"

Dari lebih 10 item kegiatan terkait HPS, ada tiga kegiatan seperti pembukaan, gelar inovasi teknologi dan dan panen kakao yang akan dihadiri langsung Presiden Jokowi di pusatkan di Desa Puudambu kecamatan Angata Konsel. Sedangkan kegiatan seminar, tur diplomat, pameran/demo masak, lomba, dan pagelaran seni budaya dipusatkan di Eks MTQ Kota Kendari.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024