Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggagas program Bangga Suka Desa.

Kepala DPPKB Konut, Kasim Pagala, dari Wanggudu, Konawe Utara, Selasa, mengatakan program Bangga Suka Desa tersebut merupakan pengembangan dari Program Kampung KB yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

"Pemerintah pusat telah mencanangkan Kampung KB yang ada di setiap kecamatan, tetapi tidak semua desa memiliki kampung KB kami akan kembangkan program yang serupa yakni Bangga Suka Desa," katanya.

Baca juga: Bupati Konawe Utara serahkan SK 265 CPNS

Menurut dia, program Bangga Suka Desa nantinya akan lebih memaksimalkan dari pada tujuan pembentukan Kampung KB karena akan memaksimalkan peran warga setempat.

"Program Bangga Suka Desa ini nantinya akan fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang disinkronkan dengan Program "Konasara" atau Konawe Utara Sejahtera dan Beradab," katanya.
  
Dijelaskan, wujud dari program Bangga Bangun Desa itu adalah menghadirkan suasana kota di desa, dengan menyiapkan semua fasilitas dan kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu mencarinya ke luar daerah," katanya.

"Untuk memenuhi syarat kebutuhan itu, tentunya kita akan melibatkan berbagai pihak," katanya.

Baca juga: TNI-BKKBN Sultra perkuat sinergitas dukung program Kampung KB
Baca juga: Dukung program KB, Konawe Utara anggarkan Rp21 miliar
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024