Makassar (ANTARA) - Rombongan perdana jamaah calon haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2019, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 23 UPG diberangkatkan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar menuju Jeddah Arab Saudi pada pukul 06.40 wita,dari Bandara Sultan Hasanuddin, maskapai penerbangan Garuda dengan kode penerbangan GA 1122, Rabu.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh perwakilan PPIH Embarkasi Makassar, Aminuddin kepada ketua kloter 23, Samsuddin.

Aminuddin berpesan, agar calon haji senantiasa menjaga kekompakan, dan mendengarkan arahan dan petunjuk petugas kloternya selama berada di Arab Saudi.

Baca juga: Martina, JCH termuda asal Sultra berusia 18 tahun

"Tolong didengar petunjuk petugas kloter. Laksanakan ibadah sesuai dengan tuntunan, semoga diberangkatkan bersama, dan pulang dengan jumlah yang sama, dengan memperoleh predikat haji mabrur,” katanya.

Kloter 23 ini akan langsung menuju Jeddah Arab Saudi, sehingga para jamaah calon haji meninggalkan asrama haji sudiang sudah menggunakan pakaian ihram.

JCH 23 UPG asal sultra tersebut berasal dari Kota Kendari dengan jumlah 447 orang, tim pemandu haji daerah (TPHD) 3 orang dan TPHI 5 orang sehingga total 455 orang.

Tiga TPHD dalam kloter 23 UPG terdapat Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Komandan Lanud (Danlanud) Haluoleo Kolonel Pnb Nana Resmana dan dr Inez.Sedangkan lima petugas haji kloter 23 UPG tersebut adalah Samsudin T, Zuliakin, Zuhudin Kasim, Haryanto Muhammad dan Nining Jumatia..

Baca juga: Nuriati seorang guru honorer naik haji

Jemaah calon haji Sultra usai menerima penyerahan paspor kemudian bersiap memuju bandara Hasanuddin, Rabu. (Foto ANTARA/Suparman)

Pada hari yang sama yakni pukul 14.30 wita akan diberangkatkan rombongan kedua calon haji sultra yang tergabung pada kloter 24 menuju Jeddah Arab Saudi

Secara keseluruhan JCH asal Sultra 2019 berjumlah 2.323 orang yang terbagi dalam lima kloter penuh yakni kloter 23, kloter 24, kloter 25, kloter 26, kloter 28 dan kloter 30 yang merupakan kloter gabungan.

Baca juga: Tahun ini penyembelih hewan kurban harus bersertifikat
Baca juga: Tiga solusi bagi perempuan haid saat berhaji
Baca juga: Gubernur Sultra lepas keberangkatan 2.323 jamaah calon haji 2019

 


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024