Kendari (ANTARA) - Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Produktivitas sebagai tindak lanjut komitmen antara BPP Kendari, pemerintah provinsi dan perbankan.

Kepala BPP Kendari, Andi Asriani Koke di Wanggudu, ibukota Konawe Utara, Selasa, mengatakan kegiatan pelatihan yang dibuka Bupati Konut, Dr Ruksamin itu diikuti sedikitnya 50 orang dari para pelaku usaha dan UMKM yang ada di daerah itu.

"Tujuan dari kegiatan pelatihan peningkiatan produktivitas ini adalah untuk memberi kemudahan dalam berusaha UMKM dan perusahaan bagi pelaku usaha UMKM," ujarnya.

Selain itu, untuk memberi motivasi, serta disiplin dan etos kerja bagi pelaku usaha/UMKM dalam mengembangkan usaha yang lebih baik serta kedepan, bisa membentuk dan membangun sebuah jaringan agar upaya peningkatan produktivitas usaha mereka lebih maju dan berkembang.

BPP Kendari sebagai lembaga di bawah Kementerian Ketenagakerjaan RI di bidang produktivitas wilayah Indonesia Timur, terus membangun sinergitas yang kuat baik itu dari pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.

"Yang pasti bahwa BPP Kendari, terus menekankan perlunya peningkatan produktivitas melalui metode, 'tools' dan teknik peningkatan. Olehnya itu dalam memperkuat perekonomian nasional, perlu adanya pembinaan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, dengan dorongan pemerintah pusat maupun daerah dalam meningkatkan produktifitas dan daya saing," tuturnya.

Baca juga: BPP Kendari bersinergi meningkatkan UMKM Suasana acara pelatihan peningkatan produktivitas yang dibuka bupati Konawe Utara, Dr.Ruksamin (foto ANTARA/ Azis Senong)
Bupati Konawe Utara, Ruksamin dalam sambutannya mengatakan, bahwa pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Peningkatan Produktivitas Kendari dan mengajak untuk bermitra dalam meningkatkan produktivitas daya saing UKMK dan meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui MoU antara Pemkab Konut dan BPP Kendari.

Ia mengatakan, pemkab Konut menggelar pelatihan dengan BPP Kendari, dengan tujuan mewujudkan sinergitas yang kuat antara BPP, Pemkab dan pelaku usaha yang lebih baik, profesional dan terpercaya.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati, Sekda, staf khusus bidang Perekonomian & Perbarindo dan 
segenap OPD lingkup Konawe Utara.

Baca juga: Di Kendari, pelaku UMKM keluhkan pungli perizinan

Baca juga: Konawe Utara targetkan seluruh wilayah terjangkau jaringan seluler

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024