Kendari (ANTARA) - Badan Sar Nasional (Basarnas) berhasil menemukan dan mengevakuasi Kapal Motor (KM) Sinar Alam yang sempat terombang-ambing karena alami mati mesin di Perairan Lasalimu, Rabu.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, di Kendari, mengatakan seluruh penumbang yang berjumlah 26 orang dalam keadaan selamat dan langsung dievakuasi.

"Sebahagian penumpang diangkut dengan menggunakan RIB Pos Sar Wakatobi dan sebagian lagi tetap berada di dalam KM Sinar Alam yang ditarik oleh kapal milik perusahaan menuju pelabuhan Wanci Wakatobi," katanya.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa terdapat satu unit kapal penumpang yang alami mati mesin di Persiran Wakatobi sejak pukul 22.20 wita pada Selasa (28/5) malam.

Informasi itu diterima pihak Basarnas pada pukul 13.00 wita dari Amrin yang merupakan personel Syahbandar Wanci bahwa pada pukul 22.20 wita Kapal penumpang KM Sinar Alam rute Lasalimu-wanci mengalami mati mesin di sekitar perairan Lasalimu-Wakatobi.

Berdasarkan laloran tersebut kata Wahyudi, pada pukul 13.05 wita tim rescue Pos Sar Wakatobi diberangkatkan dengan menggunakan satu unit RIB.

Selain itu, terdapat lima unit longboat milik masyarakat setempat untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024