Kendari (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melakukan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga dan ketersedian bahan pokok selama bulan Ramadhan.

Siti Saleha selaku kepala dinas Perindag Sultra mengungkapkan dalam memasuki hari ke tiga bulan suci Ramadan, pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Disperindag akan melakukan operasi pasar dalam menjaga kestabilan harga dan persediaan bahan pokok.

"Operasi pasar tentu akan kita lakukan, bahkan akan rutin, karena itu salah satu cara kita untuk menjaga kestabilan harga. Apalgi hari ini, kita akan lakukan sidag pasar yang ada di Kota Kendari, salah satunya pasar korem yang ada di mandongga," ungkap Siti Saleha.

Ia menambahkan, selain untuk mengantisipasi kenaikan harga, pihaknya akan melakukan pasar murah yang melibatkan distributor untuk berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah tersebut.

"Selain melakukan operasi pasar, Kadis Perindag, Sititi Saleh juga akan rutin memantau harga-harga dan ktersedian bahan pokok bersama dengan tim yang ada di perindag.

"Kita ada tim yang mememang selalu rutin turun untuk memantau, baik tim yang dari dari internal kita sendiri, juga kita ada tim gabungan yang sama-sama memantau harga-haraga dan ketersedian bahan pokok, dan itu sudah kita lakukan bahkan sebelum puasa". terangnya.

Sitti Saleha juga mengungkapkan, sebelum memasuki bulan puasa, pihaknya besama dirjen perdagangan dalam negeri sudah pernah melakukan pemantauan terkait ketersedian bahan pokok, dan hasilnya menunjukan kecukupan untuk 3 bulan ke depan.

"Kita sudah pernah lakukan pemantauan bersama dengan ibu dirjen PDN waktu itu, dan saat itu juga kita turun sama-sama turun di lapangan dan hasilnya itu memang mencukupi untuk 3 bulan ke depan terkait dengan ketersediaan bahann pokok," tutupnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024