Muna (ANTARA) - Antusiasme warga Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti Pemilihan Umum (2019) sangat tinggi, bahkan ada yang rela mengantre hingga berjam-jam.

Proses Pemilihan ini dilaksanakan secara bersamaan antara lain pemilihan DPRD KAB/KOTA, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI, serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024.

Ketua KPPS 3 Kecamatan Batalaiworu La Ode Densus mengatakan masyarakat beramai-ramai mendatangi setiap TPS meskipun dalam keadaan kurang sehat. Bahkan terlihat seorang pemilih disabilitas yang ikut menyalurkan hak suaranya ditemani keluarganya dalam pemilu tahun ini.

"Banyak warga yang datang memilih, mulai dari usia 18 tahun hingga usia 80 tahun ke atas, bahkan ada pemilih yang dituntun keluarganya saat mencoblos", ucap La Ode Densus.

Ia menambahkan, salah satu antusias warga yang terlihat ketika sebelum pemungutan suara dimulai, warga sudah mulai berkumpul di depan TPS.

"Salah satu bukti antusias dri warga adalah mereka sudah datang sebelum jam 07.00 di TPS ini".

A. Agus T. Reskrimsus Polda Sultra menambahkan banyak warga tetap bersabar meskipun harus mengantre berjam-jam menunggu namanya dipanggil.

"Warga tetap bersabar meskipun harus menunggu berjam-jam, jadi kami cukup terbantu dengan suasana yang kondusif seperti ini".

Ia berharap suasana tersebut selalu tetap terjaga hingga penghitungan hasil suara nantinya.*


 

Pewarta : Muhannad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024