Kendari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengalokasikan bantuan 45 unit rumah layak huni bagi warga kurang mampu di Kabupaten Konawe tahun 2019.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukinan Sultra, Martin Efendi Patulak di Kendari, Minggu, mengatakan, penyerahan bantuan bedah rumah di Kabupaten Konawe itu dilakukan bertahap.

"Secara simbolis diserahkan enam unit rumah dari keseluruhan 45 unit rumah oleh Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas di Kelurahan Arombu, Kecamatan Unaaha," kata Martin.

Penyerahan bantuan rumah layak huni untuk masyarakat yang kurang mampu itu ditandai dengan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan oleh Wakil Gubernur Lukman Abunawas.

Di hadapan warga penerima bantuan, Lukman Abunawas juga berjanji akan menambah jumlah bantuan bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu yang ada di Konawe.

“Alokasi bantuan rumah layak huni bervariasi yang disesuaikan dengan kondisi kemampuan keuangan  warga yang membutuhkan. Yang pasti bantuan rumah layak huni harus tepat sasaran," katanya.

Anggaran pembangunan bantuan bedah rumah tahun 2019 sebesar Rp20 juta meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sebesar Rp15 juta per unit.

Seorang warga penerima bantuan bedah rumah, Rudi M mengaku senang menerima bantuan rumah karena rumah miliknya memang sudah harus direnovasi.

“Rencana merehabilitasi rumah sudah lama diniatkan namun tidak kunjung terlaksana karena tidak memiliki dana belanja bahan," kata Rudi.


 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024