Kendari (ANTARA) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Negeri maupun Swasta di Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2019 berlangsung lancar dan aman.

Pantauan di Kendari, Senin, beberapa SMA di Kota Kendari, pelaksanaan UNBK berlangsung dalam tiga sesi, yang dimulai sejak pukul 08.00 – 16.00 wita dengan mata pelajaran awal pendidikan bahasa Indonesia.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan kebudayaan Sultra, Andi Nana Asmawati Ahmad mengungkapkan, hasil pantauan pada 12 sekolah yang melakukan UNBK di Kota Kendarai dilaporkan berjalan lancar dan aman.

“Alhamdulillah UNBK khusus di Kota Kendari hari ini berlangsung lancar, bahkan pelaksanaan UNBK se Sulawesi Tenggara dilaporkan berlangsung lancar, dan hingga kini belum ada laporan adanya kendala yang berati," ujar Andi Nana.

Meskipun diakuinya ada satu siswa yang dilaporkan tidak mengikuti UNBK hari pertama karena sakit (DBD), yakni salah satu siswi SMA negeri 2 Kendari atas nama Alif (17), dan siswa itu nantinya akan mengikuti ujian susulan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Menurut Andi Nana Asmawati, pelaksanaan UNBK tahun 2019 yang seluruhnya berjumlah 375 SMA dan MA terdiri dari 235 SMA dan 122 MA dengan jumlah siswa seluruhnya 32.735 siswa.

"Yang pasti bahwa capaian UNBK tingkat SMA-MA tahun ini mencapai 91 persen. Memang ada 33 sekolah yang belum mengikuti UNBK yakni dengan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) karena sekolahnya terkendala dengan jaringan listrik, namun tahun depan diharapkan semua sekolah itu sudah bisa UNBK," ujar Andi Nana yang didampingi tim pengawas sekolah SMA di Kendari Tryanto.
  Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Kendari, Ruslan, S.Pd, M.Pd saat memantau UNBK di salah satu ruagan. (Foto Antara/ Azis Senong) Sementara itu salah seorang Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Kendari Ruslan secara terpisah mengatakan pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan lancar dan tak ada kendala yang berarti.

Ia mengatakan, dari jumlah 624 siswa yang mengikuti UNBK tahun ini diharapkan bisa lulus dengan nilai yang sangat memuaskan, sebab kelulusan dengan nilai memuaskan adalah harapan yang diinginkan bukan hanya pada siswa tetapi juga pihak sekolah.

Pelaksanaan UNBK 2019 berlangsung selama empat hari, hari pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua pada tanggal 2 April 2019 mata pelajaran Bahasa Inggris, hari ketiga pada tanggal 4 April 2019 pendidikan Matematika dan hari keempat berlangsung pada hari Senin tanggal 8 April 2019 dengan mata pelajaran sesuai jurusan masing-masing.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024