Wanggudu (ANTARA) - Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin, mengatakan pembangunan fisik harus sejalan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di daerah tersebut.
  
"Pembangunan sebaiknya jangan hanya membangun fisik saja, tetapi harus beriringan pembangunan Sumber Daya Manusia. Saya harap agar di dalam pelaksanaan pembangunan SDM wajib kita tingkatkan mulai dari tingkat perdesaan," kata Ruksamin, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2020 di Kecamatan Motui, Selasa.

Dikatakan, peningkatan sumber daya manusia adalah sebuah keniscayaan karena semua kegiatan pelaksanaan pembangunan jika tidak didukung SDM yang handal, maka Program "Konasara" tidak akan terwujud dengan maksimal.
 
"Saya ingin program peningkatan SDM ini mulai dari desa, karena kita inginkan SDM di masyarakat di desa perlu kita tingkatkan," katanya.

Ia mencontohkan, pihaknya sudah memberikan kesempatan kepada putra-putri Konawe Utara untuk menimba ilmu ke beberapa perguruan tinggi ternama di dalam negeri hinga ke luar negeri seperti Negeri Tirai Bambu China.

"Dan mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan atau studinya, akan kita gunakan menjadi tenaga dalam pembangunan di daerah ini," katanya.

Kabid Ekonomi dan Sosial Budaya Bappeda Konawe Utara, Anis, mengatakan tujuan kegiatan Musrenbang itu untuk menyepakati dan membahas arah kebijakan perencanaan pembangunan tingkat Perdesaan, Kelurahan pada tingkat Kecamatan untuk tahun 2020.
 
"Selain untuk membahas perencanaan pembangunan desa dan kelurahan yang akan menjadi prioritas pelaksanaan pembangunan dan menjadi rencana kerja (Renja) kecamatan sebagaimana apa yang tertuang di dalam APBDes dan APBD Kabupaten. Kegiatan ini juga untuk mendengar usulan masyarakat," katanya. 
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024