Andoolo (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL) bernasis website.
     
Bupati Konawe Selatan, Surunuddin, di Andoolo, Rabu, mengatakan aplikasi itu dalam rangka meningkatkan mutu perencanaan, penganggaran dan pelaporan yang memamfaatkan Informasi Teknologi (IT) menuju era globalisasi dan digitalisasi dalam konteks terintegrasi, tersistem melalui prinsip penggunaan teknologi website internet.
   
"Aplikasi ini kita terapkan dalam rangka mewujudkan transparansi, efektifitas, efisiensi, dan akuntabilitas perencanaan, penganggaran dan pelaporan di masing-masing OPD," katanya.
       
Ia juga mengatakan, peluncuran aplikasi itu sebagai bentuk jawaban atas keraguan beberapa pihak, tentang realisasi penggunaan teknologi BPPT dan tata kelola administrasi pelaporan yang membutuhkan transparansi dan bisa diakses serta di pantau masyarakat luas melalui website, juga dalam rangka menuju terwujudnya Konsel Digital seiring kemajuan teknologi.
     
"Kita juga harus bangga, sekaligus berterimkasih kepada BPPT atas perhatian dan kerjasamanya, sehingga Konsel merupakan yang pertama menggunakan aplikasi SIMRAL dari 17 Kab/Kota se Sultra, yang juga sesuai target saya, yakni selalu jadi yang terdepan dalam hal apa saja untuk membentuk Pemerintahan yang modern," katanya.
     
Olehnya itu, kata Surunuddin, untuk mendukung kinerja dan operasional sistem yang kita bangun yang bukan hanya tugas infokom.
     
Saya harapkan setiap OPD menyiapkan tenaga IT yang faham dan memiliki keahlian, kemampuan serta kecakapan dengan saling bekerjasama dengan seluruh instansi," katanya.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024