Kendari  (Antaranews Sultra) - Tiga organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), akhirnya miliki pimpinan definitif setelah beberapa bulan jabatan ini kosong atau hanya dijabat oleh pelaksana tugas melalui pelantikan pejabat eselon lingkup Kendari oleh Plt Wali Kota kendari, Sulkarnain, di Kendari, Selasa.
     
Tiga pimpinan OPD tersebut adalah Erlis Sadya Kencana yang dilantik menjadi kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Kendari, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Kendari. 
     
Syarifuddin dilantik menjadi kepala Inspektorat Kota Kendari, sebelumnya merupakan Inspektur Pembantu Wilayah Khusus Sultra. Kemudian, Paminuddin dilantik kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, sebelumnya menjabat sebagai Plt kepala DLHK Kendari. 
     
Dalam kesempatan itu, Sulkarnain juga melantik pejabat eselon III dan IV yang merupakan termasuk administrator pengawas, camat dan lurah lingkup Pemerintah Kota Kendari.
     
"Yang saya ingin sampaikan bahwa pengisian pejabat eselon II sudah sesuai mekanisme yang berlaku. Khusus yang eselon II maka memiliki kompetensi teknis sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk menduduki jabatan eselon II," katanya.
     
Sulkarnain berharap, para pejabat yang dilantik tersebut terus meningkatkan semangat kerja yang inovatif dan kreratif sesuai dengan tupoksi masing-masing.    
     
"Intinya bekerja harus mampu memahami dan menterjemahkan visi-misi Kota Kendari dalam mewujudkan Kendari sebagai kota layak huni berbasis informasi dan teknologi," katanya.
     
Ia menekankan, pelantikan seperti itu sudah hal yang biasa dalam dunia birokrasi yang bertujuan untuk memberikan penyegaran, dan mengisi beberapa jabatan yang lowong karena ditinggal oleh pejabat sebelumnya.
   
 "Jabatan lowong itu ada karena pejabat sebelumnya meninggal dunia atau pindah tugas daerah lain," katanya. 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024