Kolaka (Antaranews Sultra) - Pembangunan Rumah Sakit Umum SMS Berjaya kualifikasi moderen di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, yang diproyeksi beroperasi 2019 telah menyerap anggaran ratusan miliar.

Bupati Kolaka Ahmad Safei di Kolaka, Selasa, mengatakan anggaran pembangunan rumah sakit yang dibangun diatas lahan seluas 7 hektare bersumber dari keuangan daerah dan dukungan investor yang menanamkan modalnya di daerah tersebut.

"PT Antam yang berinvestasi di sektor pertambangan nikel sekitar 40 tahun di daerah ini mencatat sejarah menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp72 miliar untuk pembangunan rumah sakit," kata Bupati Kolaka.

Pembangunan konstruksi rumah sakit yang direalisasikan tahun jamak mendapat suntikan dana tambahan Rp50 miliar dan sekarang berjalan pembangunan tower 2 senilai Rp30 miliar.

"Meskipun rumah sakit moderen sudah dioperasikan tetapi rumah sakit daerah Benyamin Gulu yang ada sekarang tetap dipertahankan, bahkan fasilitas dan sumber daya manusia harus ditingkatkan," katanya.

Selain gencar merealisasikan pembangunan infrastruktur rumah sakit juga Pemerintah Kabupaten Kolaka memprogramkan peningkatan sumber daya manusia.

"Bangunan fisik gedung yang megah maupun peralatan moderen tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan sumber daya manusia, para medis, dokter ahli maupun pengelolah adminitrasi yang handal," kata Bupati Ahmad Safei didampingi Kabag Humas dan Protokoler Sekretariat Pemkab Kolaka Amri Jamaluddin.

Oleh karena itu, pemerintah mendukung program pendidikan keahlian bagi 28 dokter, baik dalam negeri maupun luar negeri yang tuntas tahun 2020.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024