Kendari (Antaranews Sultra) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyatakan telah terjadi gempatbumi tektonik berkekuatan 2,4 SR di Kendari, Rabu malam.
     
 Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, mengatakan hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa berkekuatan M=2.4 terjadi pada pukul 21:58:18 wita.
     
"Gempabumi terjadi dengan episenter 4.12 LS – 122.54 BT sekitar 19.6 kilometer Barat Daya Kendaridengan kedalaman 9 kilometer," katanya.
     
 Berdasarkan laporan masyarakat katanya, menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan sedang dirasakan di wilayah Wua-wua, Kota Kendari dalam skala intensitas II MMI.
     
"Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang," katanya.
   
 Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat katanya, belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.
   
 "Terkait dengan peristiwa gempabumi di wilayah Kendari ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 22:45 wita, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan," katanya.
     
Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.
     
"Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di wilayah Kendari-Sulawesi Tenggara," katanya.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024