Kendari (Antaranews Sultra) - Badan Keoendudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melaksanakan kegiatan peningatann kompetensi dalam pemetaan perkembangan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) melalui aplikasi Dev-Info.
     
Kegiatan yang berlangsung selama empat hari yakni sejak 28 sampai 31 Oktober tersebut dibuka oleh Plt kepala BKKBN Sultra, Mustakim di Kendari, Minggu.
     
"Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan orientasi Dev-info di tingkat pusat, sekaligus menjalankan amanah dari BKKBN pusat untuk melaksanakan pelatihan aplikasi Dev-info di kabupaten kota," kata Mustakim.
     
Dijelaskan, Aplikasi Dev-info ini adalah sebuah sistem databasis yang digunakan untuk mengimput data dari sebuah indikator untuk dianalisis dan disajikan dalam bentuk Peta Digital.
     
Dikatakan, kegiatan itu bertujuan agar tersedianya fasilitator yang handal dalam pemanfaatan aplikasi software Dev-Info oleh tenaga pengelola program KKBPK kabupaten kota.
     
"Diharapkan peserta nantinya mampu menghasilkan peta dari aplikasi Dev-Info yang berupa peta kabupaten/kota yang menggambarkan wilayah kecamatan, dan membuat peta kecamatan yang mengambarkan wilayah desa/kelurahan," katanya.
     
Adapun peserta kegiatan itu berasal dari orhanisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten kota se Sultra, khususnya kepala bidang dan staf di bidang yang menangani pengendalian penduduk.
 

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024