Baubau (Antaranews Sultra) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati hari jadi Baubau ke-477 dan HUT Kota Baubau ke-17 sebagai daerah otonom tahun 2018, Rabu.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD, Kamil Adi Karim dan didampingi Wakil Ketua, La Bara itu, dihadiri Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Forkompimda Baubau, Sekot Baubau, Kepala SKPD Lingkup Pemkot Baubau, pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD, camat, lurah, pimpinan parpol, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan.

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin mengatakan, momentum hari jadi dan ulang tahun Baubau untuk melakukan percepatan pembangunan berdasar pada visi-misi "Tampil Manis" yang telah dijadikan sebagai pedoman penyelenggaraan pemerintahan dan sosial kemasyarakatannya.

Terlepas dari itu, Wali Kota menyampaikan kegemberiaannya dengan peringatan HUT Kota Baubau sebagai daerah otonom, karena seluruh aktivitas kegiatan berjalan semestinya dan dirangkaikan sejumlah kegiatan budaya diberbagai tempat yang semakin menunjukkan identitas Kota Baubau sebagai daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya, termasuk filosofi Po-5 yang dijadikan nilai moral dalam kehidupan bermasayarakat di daerah ini.

"Saya juga mengajak kita semua, mari bersama-sama mewujudkan Kota Baubau menjadi lebih baik lagi, dan momentum ini adalah upaya kita mengakselerasi pembangunan agar Baubau lebih maju, sejahtera dan berbudaya," ujarnya.

Sementara, Ketua DPRD Baubau, Kamil Adi Karim mengatakan, rapat paripurna dilaksanakan tersebut sebagai rangkaian hari ulang tahun yang telah terlegitimasi dalam bentuk peraturan daerah Nomor 2/2010 tentang penetapan?hari jadi Baubau dan perubahan penulisan Kota Baubau.

Baca juga: Jenita Janet hibur pembukaan Baubau Expo 2018

"Peringatan hari jadi ini hendaknya menjadi momentum bagi kita semua untuk menyusun prioritas untuk memantapkan arah perjalanan Kota Baubau dalam menjangkau perkembangan di masa depannya," ujarnya.

Kata dia, hari jadi pada tahun ini juga menjadi lebih spesial karena bertepatan dengan Kota Baubau menyongsong tahapan pembangunan jangka menengah lima tahun kedepan sekaligus menjadi tahapan akhir pembangunan jangka panjang 2005-2025.

Baca juga: Wali Kota: Karnaval budaya Baubau penuh keakraban

"Pembangunan infrastruktur fisik harus berjalan dengan pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur sosial dalam rangka menjadikan Kota Baubau menjadi daerah yang maju yang dihuni oleh masyarakat yang berakidah, berakhlak serta berbudaya sejahtera lahir dan batin," katanya.

Rapat paripurna yang digelar di Aula Gedung Kantor DPRD Baubau itu, dengan agenda pokok mendengarkan pidato Wali Kota Baubau sebagai rangkaian peringatan hari jadi kota Baubau ke-477 dan hari ulang tahun ke 17 sebagai daerah otonom itu. (T.A056/B/B013/C/B013)

Pewarta : Yusran
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024