Baubau (Antaranews Sultra) - Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Dr AS Tamrin mengaku bangga pelaksanaan karnaval budaya dalam rangka hari jadi Baubau ke-477 dan Hari Ulang Tahun Kota Baubau ke-17 sebagai daerah otonom berlangsung dengan penuh keakraban.

"Saya merasa senang dan mengapresiasi kegiatan karnaval ini semua hadir. Hal ini suatu tanda bahwa keseriusan dan kekompakan di antara kita semua," ujarnya, usai menghadiri karnaval budaya, di Baubau, Selasa (16/10).

Rasa bangga yang dirasakan, menurutnya, karena antusias para peserta yang mencapai ratusan barisan itu penuh dengan kebersamaan.

"Kita lebih empat jam di atas panggung, alhamdullilah meskipun kita capek tapi terkompensasi oleh kondisi suasana yang penuh keakraban," kata Wali Kota Baubau dua periode ini.

Ia mengatakan, penyelenggaraan kegiatan di hari ulang tahun Kota Baubau tersebut dilaksanakan secara berantai, mulai dari pembukaan hingga penutupan.

Pelaksanaan karnaval budaya dengan menggunakan pakaian daerah diikuti 160 barisan, mulai dari SKPD, tingkat sekolah, organisasi kemasyarakatan dan paguyuban yang ada didaerah itu.

Peserta karnaval yang mengambil start di Lapangan Lembah Hijau Kecamatan Wolio dan finis di pelataran Pantai Kamali Baubau itu, menampilkan kesenian dan atraksi budaya daerah saat tiba di depan panggung utama.

Barisan karnaval dengan menampilkan berbagai keragaman etnis yang ada di daerah itu cukup menyedot perhatian masyarakat mulai dari garis start hingga finis.

Bahkan tiga artis ibukota antara lain Andi Arsyil, Steffy Cherrybelle, dan Benu Buloe juga hadir di barisan karnaval budaya yang setiap tahun digelar itu.

Salah seorang warga Baubau, Arasanti mengatakan, kegiatan karnaval dalam perayaan HUT Kota Baubau tidak hanya menghibur, tetapi juga merupakan tontonan yang memberikan pengetahuan akan keragaman etnis dan adat daerah.

"Selain kita bisa tahu akan pakaian adat daerah, kita juga menyaksikan kesenian budaya yang ditampilkan secara atraktif. Tentu ini memberikan rasa bangga," kata warga Kecamatan Wolio ini.

Pada perayaan HUT Kota Baubau tahun 2018, pemerintah Kota Baubau menggelar sejumlah kegiatan, di antaranya karnaval budaya, lomba seni dan budaya, sarasehan budaya, festival Poagona Lipu Tutirangiana Andala, dan Baubau expo.

Pada Baubau expo atau pameran pembangunan yang diisi SKPD, instansi vertikal, BUMN, dan BUMD itu, masing-masing menampilkan berbagai program.

Dalam karnaval budaya hadir menyaksikan dipanggung utama, yakni Wali Kota Baubau AS Tamrin, Anggota DPD RI, Wa Ode Hamsina Bolu, Danrem 143 Haluoleo, Direktur Shabara Polda Sultra, Ketua DPRD Baubau, Kamil Adi Karim, Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Davy Darma Putra, Sekot Baubau, Roni Muhtar, dan para kepala satuan kerja perangkat daerah lingkup Pemkot Baubau.(T.A056/B/A069/B/A069) 

Pewarta : Yusran
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024