Jakarta (Antaranews Sultra) - Mufida Jusuf Kalla melantik Agista Aryani Ali Mazi menjadi ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2018-2023 bertempat di aula Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Rabu.

Agista dilantik bersama delapan ketua Dekranasda provinsi lainnya yakni yakni Dekranasda Papua, Bali, Jabar, Jateng, Sulsel, Kalbar, Sumut, dan NTT.

Mufida selaku Ketua Umum Dekranas dalam ssmbutannya mengatakan, Dekranas merupakan organisasi independen yang berfungsi menggali dan mengembangkan warisan kerajinan nusantara.

"Sudah banyak hasil yang dilakukan Dekranas bersama pemerintah pusat dan daerah, sekaligus bekerja sama dengan perbankan, BUMN dan Swasta," katanya.

Kepada ketua Dekranasda yang baru dilantik, Mufida, berharap segera menyusun kepengurusan dan periode masa jabatan sekaligus menyusun program kerja atau kegiatan.

"Dalam menyusun kegiatan harus mengacu pada AD dan ART karena berbeda potensi daerah masing-masing. Harus senantiasa meningkatkan pembinaan kepada perajin daerah dan meningkatkan daya saing perajin," katanya.

Mufida juga mengingatkan kepada para Ketua Dekranasda agar bersiap mengikuti pameran griya usaha yang akan menampilkan semua hasil kerajinan daerah pada akhir tahun ini.

Pelantikan itu dihadiri pula oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan para gubernur sembilan provinsi yang baru dilantik yakni Gubernur Sultra, Sulsel, Sumut, Bali, NTT, Papua, Jateng, Jabar dan Kalbar.

(T.KR-SPR/B/A035/C/A035) 05-09-2018 20:25:07

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024