Kendari (Antaranews Sultra) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII yang dijadwalkan berlangsung Desember 2018 di Kabupaten Kolaka, Provonsi Sulawesi Tenggara akan mempertandingkan 31 cabang olahraga.

Ketua Umum KONI Sultra Lukman Abunawas di Kendari, Kamis, mengatakan penetapan cabang olahraga Porprov dicapai melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Sultra 2018 yang diikuti KONI kabupaten/kota dan pengurus cabang olahraga.

"Peserta RAT KONI Sultra sepakat mempertandingkan 31 cabang olahraga, sedangkan nomor yang akan memperebutkan medali masih dikaji. Pada prinsipnya Porprov digelar untuk kepentingan tiket PON hingga raihan medali di arena PON," kata Lukman.

KONI Sultra memaklumi ada kekecewaan kalangan pengurus cabang olahraga yang tidak terakomodir untuk dipertandingkan pada Porprov XIII Kolaka.

Baca juga: Softball Porprov Sultra dipertandingkan di Kendari

Ketua KONI Kabupaten Kolaka Muhammad Jayadin mengajak semua pihak terpanggil menyukseskan pesta olahraga multi iven tingkat Sultra tersebut.

"Mengenai cabang olahraga yang dipertandingkan disetujui dalam forum RAT yang dihadiri jajaran KONI kabupaten/kota. Salah satu pertimbangan, yakni ketersediaan sarana dan potensi cabang olahraga bersangkutan menghadapi PON," kata Jayadin.

Ia mengakui tuan rumah Kolaka menemui kendala menghadapi persiapan penyelenggaraan Porprov XIII, antara lain, ketersediaan anggaran dan waktu yang tidak memungkinkan pembangunan sarana olahraga.

Baca juga: Kolaka optimistis sarana Porprov rampung November

"Sebagaimana diketahui bahwa Kolaka baru saja menggelar pilkada yang menghabiskan anggaran cukup besar. Kolaka menjadi tuan rumah setelah Kolaka Utara mengundurkan diri. Porprov juga membutuhkan biaya fantastis namun insan olahraga harus optimistis," katanya.



(T.S032/B/T013/C/T013) 16-08-2018 10:13:35

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024