Kendari (Antaranews Sultra) - KONI Sulawesi Tenggara merestui cabang olahraga Sofbol dipertandingkan di Kota Kendari karena tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sultra yakni Kabupaten Kolaka tidak memiliki waktu yang cukup untuk membangun sarana pertandingan.

Ketua KONI Sultra Lukman Abunawas di Kendari, Kamis, mengatakan lokasi pertandingan cabang olahraga memungkinkan digelar di luar daerah penyelenggaraan Porprov karena beberapa hal, antara lain, sarana yang tidak memadai dan diterima daerah-daerah peserta.

"KONI Sultra mengapresiasi semangat tuan rumah Porprov yang menyetujui cabang olahraga Softball dipertandingkan di Kota Kendari karena alasan ketersediaan sarana," katanya

Tuan rumah multi pertandingan dan perlombaan itu memiliki kewenangan menyatakan menolak atau menyetujui suatu cabang olahraga dipertandingkan karena harus merujuk tentang kesiapan daerah tersebut.

Ketua KONI Kolaka Muh Jayadin mengatakan Kolaka belum memiliki sarana cabang olahraga Softball, sementara sisa waktu pelaksanaan Porprov tiga bulan tidak cukup untuk membangun sarana dimaksud.

Baca juga: KONI pusat: Sultra tumpuan softball Indonesia

"Kalau Porprov satu tahun lagi Kolaka memastikan membangun lapangan Sofbol. Tetapi karena Porprov digelar Desember 2018 Kolaka tidak bisa memaksakan diri," ujar Jayadin yang juga Wakil Bupati Kolaka.

Oleh karena itu, usul Pengurus Provinsi Perbasasi agar cabang olahraga Sofbol dipertandingkan di Kota Kendari didukung oleh tuan rumah Kolaka.

Sekretaris Perbasasi Sultra Ripuji mengatakan kesepakatan lokasi pertandingan cabang olahraga Softball di Kota Kendari segera disosialisasikan kepada daerah-daerah peserta untuk diketahui lebih awal.

"Lapangan Softball Lakidende Kota Kendari memenuhi standar, sementara di Kolaka tidak ada lapangan sehingga daerah-daerah peserta akan memaklumi," kata Ripuji.



(T.S032/B/T013/C/T013) 16-08-2018 08:18:29

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024