Kendari (Antaranews Sultra) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menyatakan salut terhadap pembinaan cabang olahraga softball Sulawesi Tenggara yang berkembang pesat dan saat ini menjadi tumpuan Indonesia.

"Masa depan cabang olahraga Softball Indonesia ada di Sultra. Pengurus cabang olahraga Softball Sultra sudah memberikan yang terbaik untuk pembangunan olahraga di Tanah Air," kata Wakil Ketua KONI Pusat Mayjend TNI (Purn) Suwarno di Kendari, Rabu.

Sukses pembinaan cabang olahraga Softball dapat dicapai karena kesungguhan pemain berlatih, perhatian KONI, sponsor dan dukungan pemerintah daerah.

"Idealnya memang setiap daerah memetakan potensi seluruh cabang olahraga, kemudian melakukan pembinaan secara total cabang olahraga yang potensial tersebut," ujar Suwarno.

Indonesia dan KONI Provinsi, menurut dia, memiliki cita-cita luhur membangun generasi bangsa melalui dunia olahraga, namun di sisi lain dihadapkan pada kendala pemenuhan anggaran.

Sementara itu, Ketua KONI Sultra Lukman Abunawas mengatakan masyarakat olahraga berterima kasih kepada pembina cabang olahraga Softball dan para pemain atas keikhlasan dan komitmen melakukan pembinaan hingga sukses.

"Cabang olahraga Softball tidak diunggulkan pada PON XIX 2016 Jawa Barat. Betapa terkejutnya ketika Softball berlahan-lahan menapaki pertandingan hingga mencapai babak final dan merebut medali emas. Sejarah ditorehkan sepanjang perjalanan Sultra di arena PON," kata Lukman.

Saat ini, kata dia, para pemain Softball Sultra sudah menjadi aset Indonesia menghadapi even setingkat Asia Tenggara maupun Asian Games.

Baca juga: Timnas raih dua kali kemenangan kejuaraan Asia

Ketua Pengurus Provinsi Perbasasi Sultra Fahri Yamsul mengatakan semangat berlatih para pemain dan komitmen pengurus untuk membiayai pembinaan menjadi kunci sukses pembinaan.

"Saya atlet Softball yang memahami segala sesuatu yang dibutuhkan dan yang diharapkan pemain dalam berlatih hingga mencapai prestasi. Saya ikhlas berbuat dan mendampingi para pemain saya," kata Fahri.


(T.S032/B/E009/C/E009) 15-08-2018 07:25:57

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024