Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), membantu para petani sejumlah sarana produksi pertanian hand traktor kepada para kelompok petani atau calon petani calon lahan (CPCL) di daerah itu.

Sektetaris Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Muh Siarah, Kamis, mengatakan bantuan tersebut sebanyak 20 unit traktor tangan atau hand traktor.

"Bantuan ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap petani dalam meningkatkan produksinya," katanya.

Ia mengatakan, bantuan itu diberikan dalam bentuk kelompok, atau bukan untuk perorangan karena merupakan syarat penyaluran.

Baca juga: Sekda: kerugian petani sawah Rp6 miliar

Baca juga: DPRD imbau pemerintah dukung Jasindo asuransikan petani

"Petani harus bentuk kelompok CPCL dan terdaftar dalam sistem informasi penyuluh pertanian melalui aplikasi daring atau online," katanya.

Bombana kata dia, merupakan salah satu sentra produksi pangan di Sultra, tidak hanya pangan padi, tapi juga jagung dan daging sapi.

"Traktor tangan itu nantinya akan digunakan kelompok petani menggarap sawah atau menyiapkan lahan penanaman jagung," katanya.


(T.KR-SPR/C/I006/C/I006) 12-07-2018 10:01:45

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024