Baubau (Antara) - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Baubau, AS Tamrin dan La Ode Ahmad Monianse unggul dalam perolehan suara pada pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di empat TPS, di Baubau, Minggu (1/7).

Empat tempat pemungutan suara pelaksanaan PSU Pilkada Kota Baubau yakni, TPS 08 Kelurahan Wameo, TPS 02 Kelurahan Tomba,TPS 09 Kelurahan Lamangga dan TPS 04 Kelurahan Bataraguru.

Pantauan Antara, perolahan suara Tamrin-Monianse di TPS 08 Wameo sebanyak 130 suara. Sedangkan di TPS 02 Tomba, pasangan calon petahana itu juga unggul dari pasangan calon lainnya dengan memperoleh 138 suara.

Kemudian, di TPS 09 Lamangga, pasangan calon dengan jargon `Tampil Manis` itu meraup 106 suara. Sedangkan di TPS 04 Bataraguru pasangan calon yang diusung PAN, Nasdem, Golkar dan PDI-P itu juga unggul dengan perolehan 102 suara.

Selain empat TPS yang direkomendasikan digelar PSU pemilihan wali kota/wakil wali kota Baubau, juga terdapat TPS 03 Kelurahan Melai menggelar PSU untuk pemilihan gubernur/wakil gubernur Sultra.

Sementara itu, Ketua Tim Kuasa Hukum paslon Tampil Manis, Imam Ridho Angga Yuwono mengingatkan PPS dan KPPS untuk menjaga kotak suara hasil PSU itu.

Baca juga: Kuasa hukum Tamrin protes rekomendasi PSU

"Segera mungkin agar diserahkan kepada anggota PPK," tegas Angga-sapaan akrabnya.

Dikatakannya, pihaknya mengancam akan mempidanakan PPS dan KPPS jika kembali membuka kotak suara secara tidak prosedural.

"Sanksi pidana minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun sebagaimana pasal 193 ayat (6) Undang-undang Nomor 10/2016," jelasnya.

Baca juga: Tamrin imbau pendukungnya tidak berlebihan merayakan kemenagan

Pilkada Kota Baubau diikuti lima paslon yakni, nomor urut 1 Roslina Rahim-La Ode Yasin (Hanura dan PKB), urut 2 AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse (PAN,Nasdem, Golkar dan PDI-P), urut 3 Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail (PBB dan Gerindra), urut 4 Yusran Fahim-Ahmad (Demokrat, PPP dan PKS), dan paslon nomor urut 5 Ibrahim Marsela-Ilyas dari jalur perseorangan.


(T.A056/C/C004/C/C004) 02-07-2018 09:40:21

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024