Unaaha (Antaranews Sultra) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara memprioritaskan distribusi logistik daerah-daerah terpencil dengan berbagai skenario.

Ketua KPUD Konawe Sarmadan di Unaaha, Selasa, mengatakan jalur transportasi terberat untuk distribusi logistik pilkada adalah Kecamatan Routa, Kecamatan Latoma dan wilayah Laut Saponda.

"Setelah mempertimbangkan kondisi jalan di musim hujan maka dipilih distribusi logistik ke Kecamatan Routa? melalui jalur darat melewati Kabupaten Kolaka Timur, Kolaka dan Kolaka Utara," kata Sarmadan.

Sedangkan distribusi logistik ke Kecamatan Latoma yang juga terpencil melalui darat melewati Kecamatan Abuki menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua.

Distribusi logistik ke wilayah laut Pulau Saponda, Kecamatan Soropia sudah tersedia sarana speedboat.

"Distribusi logistik pilkada sudah dikoordinasikan dengan aparat kepolisian, Panwas dan penyelenggara sehingga segala kemungkinan munculnya hambatan dapat diantisipasi," katanya.

KPUD Konawe terus menyelesaikan segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan, khususnya logistik, jadwal, tahapan hingga persiapan distribusi ke tempat pemungutan suara (TPS).

Surat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada? Kabupaten Konawe sebanyak 159.605 ditambah 2,5 persen sehingga total mencapai 163.817 lembar surat suara. KPU juga menambah? 2000 lembar surat suara sebagai persiapan pemungutan suara ulang (PSU).

Tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 437 yang tersebar pada 23 kecamatan dan 329 desa/kelurahan se-Kabupaten Konawe.

Secara umum, kata dia, pelaksanaan jadwal dan tahapan pilkada Konawe serta pilkada gubernur/wakil gubernur Sultra berjalan sesuai rencana.



 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024