Kendari (Antaranews Sultra) - BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), memberi jaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh peserta JKN-JKS meskipun saat hari libur setelah Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Hendra J Rompas saat memberi keterangan di Kendari, Senin, mengatakan bagi seluruh peserta JKN-JKS yang menjalani mudik tidak perlu khawatir saat libur, karena pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di sejumlah daerah.

"Para pemudik bila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota sekalipun tidak perlu khawatir karena BPS Kesehatan sudah melakukan kerj sama dengan memperoleh pelayanan kesehatan, walaupun peserta tidak terdaftar di FKPT tersebut," ujaranya.

Hendra menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga juga berlaku bagi FKTP nonpuskesmas baik itu klinik pratama dan dokter praktek perorangan yang membuka praktek pelayanan kesehatan.

Ia juga mengatakan, jika tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayan saat libur lebaran, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka pelayanan maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan medis.

"Bahkan pada keadaan gawat darurat seluruh fasilitas ?kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan ?penagangan pertama kepagda peserta JKN-JKS. Selama peserta itu mengikuti prosedur yang berlaku dengan status kepesertaan yang aktif," ujarnya.

Para peserta JKN-JKS yang sedang mudik lebaran diimbau untuk selalu membawa kartu JKN-JKS, dan tidak lupa mengecek iuran peserta. Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN atau melalui call center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur.

 Ia juga menbahkan bahwa, BPJS Kesehatan secara nasional juga membuka posko mudik di delapan titik padat pemudik, yaitu di

Terminal Pulo Gebang Jakarata, tempat peristirahatan pada KM 57 Cikampek, Stasion Yogyakarta, Terminal Tirtonandi Surakarta, Terminal Bungurasi Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

Posko mudik BPJS Kesehatan dengan mengambil tema `Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan` yang digelar pada 9-14 Juni 2018 menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas kesehatan, hingga pemberian informasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024