Kendari (Antaranews Sultra) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) Cabang Kendari, mengoptimalkan peran agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) untuk menggaet peserta jaminan sosial di daerah setempat.

Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Kendari, Nursalam di Kendari, Rabu, mengatakan jika dimaksimalkan perannya maka agen Perisai dinilai mampu untuk meningkatkan jumlah peserta jaminan sosial Ketenagakerjaan.

"Karena itu kami terus melakukan pelatihan dan penambahan agen Perisai di daerah ini," kata Nursalam.

Ia mengatakan, agen Perisai di Sultra masih minim dan baru terdapat di beberapa kabupaten kota, sehingga perannya belum maksimal dalam menggaet peserta baru.

"Untuk agen Perisai tahun lalu terdapat 10 orang yang aktif sampai saat ini, ditambah dengan kantor Perisai Kendari sendiri ada sekitar 16 agen. Konawe Selatan lima agen, Kota Baubau lima agen dan Kolaka lima orang dengan total keseluruhan untuk wilayah Sultra berjumlah 31 orang agen," katanya.

Ia mengaku, akan merekrut agen Perisai di semua kabupaten kota sehingga akan menjadi mitra utama BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan kepesertaan.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Kendari latih agen perisai

"Kami akan memperluas pelaksanaan program Perisai itu melalui perekrutan individu-individu yang handal dan kompeten, sehingga diharapkan hasilnya memuaskan mendapatkan peserta," katanya.

Menurut dia, siapa saja bisa menjadi agen perisai, termasuk para pensiun BPJS Ketenagakerjaan yang tentu lebih memahami program BPJS untuk dijelaskan kepada calon peserta tentang manfaat menjadi peserta.


(T.KR-SPR/C/H015/C/H015) 09-05-2018 12:06:56

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024